Waspadai, Puntung Rokok Berpotensi Menyebarkan Corona

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan puntung rokok bisa menjadi media penyebaran virus Corona. Ini penjelasannya.
Ilustrasi Puntung Rokok. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Yogyakarta - Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan puntung rokok bisa menjadi media penyebaran virus Corona. Sehingga, diharapkan agar masyarakat tidak membuang sembarangan puntung rokok. Ini sangat penting dilakukan sebagai upaya meminimalisir penularan dari virus tersebut. 

Heroe menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk membuang puntung rokok ke tong sampah atau dibakar langsung. "Rokok itu kan puntungnya diisap lewat mulut. Kalau perokoknya ternyata OTG (Orang Tanpa Gejala) bagaimana? Ini harus mulai kita waspadai. Jika membuang puntung rokok ke tempat sampah atau dibakar," kata Heroe saat dihubungi wartawan, Rabu, 2 September 2020.  

Sejauh ini belum ada yang meneliti, tetapi memang memungkinkan bisa saja terjadi penularan lewat puntung rokok.

Dia khawatir jika rokok yang dibeli secara eceran ternyata tersentuh tangan yang belum tentu dalam keadaan steril. "Misalnya, saat mengambil rokok dari bungkus jika tangan dalam keadaan kotor ditakutkan dapat menularkan virus melalui puntung rokok itu," ucapnya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Ariyani ikut memberikan tanggapan terkait pernyataan wakil wali kota Yogyakarta tersebut. Emma menuturkan belum ada penelitian yang menyatakan jika puntung rokok mampu menjadi media penularan Covid-19. Selain itu, dirinya juga belum menemukan kasus Covid-19 yang berasal dari puntung rokok.

"Belum ada kasus penularan Covid-19 melalui puntung rokok. Sejauh ini belum ada yang meneliti, tetapi memang memungkinkan bisa saja terjadi penularan lewat puntung rokok, "tutur Emma.

Meski begitu, dia menyarankan agar semua menerapkan protokol kesehatan demi kepentingan bersama. Terkhusus bagi perokok, jangan membuang puntung rokok di tempat sembarangan agar kebersihan tetap terjaga. 

"Puntung rokok langsung dibuang ke tong sampah. Hal ini sekaligus untuk menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19," ujar Emma.

Emma juga meminta masyarakat untuk memperhatikan kebersihan diri. Sebab, kebersihan diri merupakan salah satu langkah agar individu tidak mudah terpapar Covid-19.

"Betul apa yang pak Wawali katakan. Penularan Covid-19 melalui puntung rokok bisa saja. Karena tangan kotor lalu menyentuh puntung rokok selanjutnya menempel di mulut bisa saja terjadi penularan. Namun, faktornya tidak hanya itu," kata dia. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Berwisata Aman Era New Normal untuk Cegah Corona
Berwisata di era new normal, semua masyarakat diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi aturan yang ada di tempat wisata.
4 Jenis Masker Kain yang Efektif Cegah Corona
Masker kain yang memiliki beragam jenis menjadi perlengkapan wajib digunakan saat pergi ke luar rumah di tengah pandemi virus corona.
Face Shield Efektif Cegah Covid-19 di Udara?
Apakah alat pelindung wajah seperti face shield efektif melindungi penyebaran virus corona tau Covid-19 di udara?
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).