Waspada! Gagal Jantung Tak Memandang Usia

Di era saat ini sudah tak jarang dijumpai anak-anak muda yang mempunyai penyakit-penyakit yang berbahaya seperti masalah jantung.
Ilustrasi - Gagal jantung. (Foto: Tagar/Piaxabay/Pexels)

Jakarta – Di era saat ini sudah tak jarang dijumpai anak-anak muda yang mempunyai penyakit-penyakit yang berbahaya seperti masalah jantung. Usia muda bukan lagi jaminan seseorang mempunyai tubuh yang sehat, dan usia tua belum tentu mempunyai banyak penyakit.

Jika bicara soal kesehatan umur bukanlah patokan, karena kesehatan seseorang dipengaruhi beberapa faktor. Pola hidup dan makanan menjadi salah satu faktor utama kesehatan tubuh seseorang terlebih di saat pandemi yang masih berlangsung saat ini.

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling penting karena bertugas memompa darah dan mengalirkan oksigen keseluruh tubuh. sebagian orang yang lahir didunia mempunyai kondisi jantung yang berbeda, hal tersebut bisa dipengaruhi oleh genetik dari orang tua.

meskipun terlahir dengan jantung yang sehat kalian juga harus menjaga kesehatan jantung kalian dengan cara mengatur pola hidup sehat dan makan-makanan yang bergizi. Saat ini karena terlalu terbiasa dengan pola hidup tidak sehat dan makan-makanan yang kurang sehat tak sedkit anak muda yang mengalami masalah jantung.

Gagal jantung menjadi penyakit yang menakutkan untuk semua orang, karena jika hal ini terjadi dan terlambat dalam penanganannya orang tersebut akan meninggal. Maka dari itu kenalilah gejala gagal jantung yang umum dirasakan oleh penderitanya agar kalian bisa cepat mengobatinya sebelum terlambat. Berikut adalah beberapa gejala gagal jantung yang biasanya dirasakan oleh para penderitanya.

  • Sesak napas
  • Tubuh terasa lelah
  • Pembengkakan pergelangan kaki

Selain gejalan yang dirasakan jika mengalami gagal jantung, dalam laman web halodoc tersebut juga menjelaskan jenis-jenis gagal jantung yang bisa dialami oleh manusia.

  1. Gagal jantung sebelah kiri, kondisi pertama ini terjadi apabila jantung sebelah kiri tidak mampu memompa darah dengan baik keseluruh tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan darah yang mengandung oksigen.
  2. Gagal jantung sebelah kanan, kondisi ke dua ini disebabkan rusaknya ventrikel sehingga proses pengambilan oksigen diparu-paru tidak berjalan dengan semestinya. Hal ini juga membuat tubuh kekurangan darah yang mengandung oksigen.
  3. Gagal jantung sistolik, pada kondisi ke tiga ini merupakan melemahnya otot jantung sehingga tidak mampu berkontraksi dengan baik. Hal ini membuat penyaluran darah berisi oksigen ke seluruh tubuh terganggu.
  4. Gagal jantung diastolik, kondisi ini menyebabkan jantung sulit terisi darah sehingga otot jantung mengalami kekakuan.

Kamu bisa mengetahui apakah kalian mengalami masalah terhadap jantung dengan beberapa cara seperti foto rontgen dada, Elektrokardiografi, Ekokardiografi,tes darah, CT scan/MRI jantung, dan kateterisasi jantung. Tentunya semua cara ini dilakukan oleh profesional di rumah sakit supaya hasil tes tersebut akurat.

Sebelum kalian terkena penyakit jantung ini sebaiknya kalian mencegahnya, karena perlu diketahui jika penyakit jantung ini belum bisa disembuhkan hingga saat ini. Untuk meminimalisir terkena penyakit jantung ini kalian bisa melakukan beberapa cara dibawah ini.

  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Menjaga berat badan
  • Berhenti merokok
  • Membatasi konsumsi minuman keras
  • Berolahraga secara teratur
  • Menjaga kadar kolestrol dan tekanan darah

Mulailah peduli terhadap kesehatan kalian karena kesehatan adalah salah satu aset yang berharga bagi masa depan kalian.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Cara Mencegah Penyakit Jantung Khusus Wanita Usia Berapa Saja
Berikut ini cara mencegah penyakit jantung pada wanita usia 20-30an, usia 40-50an, dan usia 60an dan lebih tua.
Penelitian: Optimisme Tingkatkan Kesehatan Jantung Secara Keseluruhan
Penelitian: optimisme meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Ada hubungan positif antara optimisme dan penyakit jantung.
Tips Mencegah Serangan Jantung
Mengurangi kebiasaan merokok adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi jantung.
0
Parlemen Eropa Kabulkan Status Kandidat Anggota UE kepada Ukraina
Dalam pemungutan suara Parlemen Eropa memberikan suara yang melimpah untuk mengabulkan status kandidat anggota Uni Eropa kepada Ukraina