UNTUK INDONESIA
Warga Yakin Darwin Siagian Tumbang di Pilkada Toba
Pilkada 2020 di Kabupaten Toba, diperkirakan akan berjalan alot. Sejumlah pendukung Darwin Siagian disebut sudah berpindah ke kandidat lain.
Darwin Siagian di tengah launching pelayaran KMP Pora-pora untuk rute Balige menuju Pulau Samosir pada Kamis, 16 Juli 2020. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

Balige - Pilkada 2020 di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, diperkirakan akan berjalan alot. Sejumlah pendukung petahana Darwin Siagian disebut sudah berpindah ke kandidat lain.

Sejumlah warga Toba saat ditemui pada Kamis, 16 Juli 2020, menyebut dinamika proses persiapan para kandidat Pilkada Toba berpotensi terjadi seperti kejadian Pilkada 2010.

Dikatakan pada saat itu petahana Bupati Monang Sitorus tumbang dengan rival kuatnya, yakni Kasmin Simanjuntak. Itu terjadi akibat pendukung Monang Sitorus hengkang ke kubu Kasmin Simanjuntak.

"Saya yakin fenomena serupa akan berulang kepada petahana Pilkada Toba 2020 ini. Grup militan pemenangan periode pertama banyak yang alihkan dukungan kepada calon lain," kata Rita Marbun, 40 tahun, salah seorang warga Kecamatan Lumban Julu.

Namun, sikap yakin terpancar pada diri Darwin Siagian. Ditemui di acara launching KMP Pora-Pora dia mengungkapkan optimistisnya bakal memperoleh dukungan partai politik di Pilkada Toba 2020.

Dia menyebut upaya pendekatan kepada jajaran pimpinan daerah dan pimpinan pusat sejumlah partai sudah secara intens dilakukan. Namun, dia belum bersedia mengungkapnya secara pribadi.

Pasti ke petahana, karena rekomendasi DPP sudah diterima beliau

"Kami tidak bisa mengumumkan itu, orang partai yang umumkan itu bukan kami," kata Darwin.

Dia dengan nada tegas menyebut yang berkompeten mengumumkan dukungan kepadanya adalah fungsionaris partai politik di daerah maupun pusat. Ada tiga partai besar seperti Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar dan Partai Nasdem telah didekatinya.

"Optimis dapat perahu begitu saja. Tapi soal partai tanya orang partainya saja, kami sudah komunikasi ke PKB, Golkar dengan Nasdem. Tetapi soal bagaimana-bagaimana itu urusan merekalah itu," katanya.

Di tengah kesibukanya yang didaulat menggunting pita peresmian dermaga atau pelabuhan penyeberangan KMP Pora-Pora, terlihat bupati dengan rambut kepala sudah memutih itu sesekali bersedia foto bareng dengan warga.

Dihubungi terpisah, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Toba, St Sabaruddin Tambunan memastikan PKB sudah resmi menyatakan dukungan kepada Darwin Siagian.

"Pasti ke petahana, karena rekomendasi DPP sudah diterima beliau, dan kami akan maksimal memenangkan beliau," tulis Sabaruddin melalui WhatsApp.

Sementara setelah dihubungi Tagar berulang kali melalui seluler, dua pimpinan partai politik lainnya, yakni Jubel Tambunan selaku Ketua Partai Nasdem dan Efendi Napitupulu selaku Ketua Partai Golkar Kabupaten Toba belum bersedia memberikan komentar.[]

Berita terkait
Optimistis Poros PKS Demokrat di Pilkada Medan
Poros atau koalisi PKS dengan Partai Demokrat dalam Pilkada Kota Medan 2020, diprediksi akan segera terwujud dan hanya menunggu waktu saja.
UU Pilkada Sah, Tito Karnavian Bilang Begini ke DPR
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengucapkan terima kasih kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atas pengesahan UU Pilkada Serentak 2020.
KPU Toba Samosir Beber Tahapan Pilkada 2020
KPU Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, menyampaikan tahapan Pilkada Toba Samosir tahun 2020.
0
Gelombang Tolak Omnibus Law Malang dan Probolinggo
Aliansi Malang Melawan (AMM) melakukan aksi demonstrasi penolakan disahkannya Omnibus Law di depan Balai Kota Malang.