UNTUK INDONESIA
Warga Tegal Kembali Diserang Tawon Vespa Affinis
Seorang pedagang pakan burung di Tegal harus dilarikan ke rumah sakit usai disengat tawon vespa affinis.
Petugas Damkar Kota Tegal tengah memusnahkan sarang tawon vespa yang menyerang warga di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Sabtu 25 Januari 2020. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - ‎Serangan tawon vespa affinis kembali merebak di Kota Tegal, Jawa Tengah. Seorang warga terluka akibat tersengat tawon yang sudah menewaskan dua warga di Kota Bahari tersebut.

Serangan terbaru terhadap seorang pedagang pakan burung Wagiyanti 45 tahun. Ia harus dibawa ke dokter setelah disengat puluhan tawon vespa yang keluar dari sarangnya di pohon asem tak jauh dari kiosnya.

"‎Saya lagi nyapu, siap-siap mau jualan. Tiba-tiba tawon langsung turun, banyak sekali. Tawonnya berwarna hitam dan kuning, kata dokter itu tawon vespa," kata Wagiyanti kepada Tagar, Sabtu 25 Januari 2020.

Akibat sengatan tawon, kedua lengan Wagiyanti mengalami nyeri dan bengkak. Beruntung, ia segera dibawa ke dokter sehingga langsung diberi antibiotik.

‎Saya lagi nyapu, siap-siap mau jualan. Tiba-tiba tawon langsung turun, banyak sekali.

"Setelah disengat, rasanya nyeri dan panas. Kata dokter jangan banyak gerak dulu," ujarnya.

‎Keberadaan sarang tawon yang menyerang Wagiyanti langsung dilaporkan perangkat kelurahan ke Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tegal. Lima petugas Damkar tak lama kemudian mendatangi lokasi dan memusnahkan sarang tawon yang meresahkan itu dengan menyemprotkan campuran cairan serangga.

Petugas Damkar Tegal, Casmidi mengatakan, sarang tawon yang dimusnahkan merupakan tawon jenis vespa affinis.

"Tawon ini memang tidak menghasilkan madu, tapi racun sehingga berbahaya," ujarnya.

‎Menurut Casmidi, laporan dan permintaan pemusnahan sarang tawon vespa masih kerap diterima Damkar meskipun tak sebanyak pada akhir tahun lalu. ‎Dalam sehari, ada satu laporan keberadaan sarang tawon vespa.

"Tahun lalu dari November sampai Desember ada 78 permintaan pemusnahan sarang tawon vespa. Sehari bisa 8 sampai 10 titik yang ditangani. Kalau korbannya ada dua orang meninggal karena disengat, satu orang dibawa ke rumah sakit," ujarnya.

Casmidi mengatakan, pemusnahan sarang tawon dilakukan dengan menyemprotkan lima obat serangga yang dicampur menjadi satu.

"Dengan cara ini, tawon vespa langsung mati. Kalau pun masih ada tawonnya, tidak akan buat sarang lagi," ucapnya. []

Berita terkait
Banjir Rendam Tiga Kecamatan di Tegal
Banjir merendam tiga kecamatan di Kabupaten Tegal dan puluhan warga diungsikan.
Warga Semarang Ditemukan Tewas di Kosnya di Tegal
Seorang warga Semarang ditemukan meninggal di kamar kosnya di Tegal. Tidak ada tanda kekerasan di tubuhnya.
Nenek di Brebes Tewas Tertimpa Tanah Longsor
Nenek Sukem yang merupakan warga Dukuh Gembor, Desa Rajawetan, Kabupaten Brebes meninggal dunia usai tertimpa material tanah dan batu.
0
Kebijakan Penurunan BI Rate Bisa Gerus Laba Bank
Bank Indonesia dinilai kerap mengabaikan dampak negatif dari penurunan suku bunga acuan atau BI Rate.