UNTUK INDONESIA
Warga Tajir Wuhan China Stres Sebar Uang?
Video berdurasi 10 detik di Twitter memperlihatkan seorang warga Kota Wuhan, China, menyebarkan mata uang yuan melalui jendela sebuah gedung.
Presiden China Xi Jinping (kiri) saat melakukan inspeksi pencegahan wabah 2019-nCoV di klinik kesehatan masyarakat Anhuali, Distrik Chaoyang, Beijing, Senin (10/2/2020). (Foto: Antara/HO-Xinhua/mii)

Jakarta - Video berdurasi 10 detik di Twitter memperlihatkan seorang warga Kota Wuhan, China, menyebarkan mata uang yuan melalui jendela sebuah gedung.

Dalam video itu seorang pria tampak menerbangkan uang pecahan 100 yuan yang telah dibentuk layaknya pesawat-pesawatan. 

Selain unggahan video, pemilik akun Twitter itu juga menambahkan narasi sebagai berikut: 

"Orng kaya di Wuhan mulai stress, mereka menghamburkan uang ( dlm arti sebenarnya) Uang menjadi tiada arti dibandingkan keselamatan diri."

Apakah benar orang kaya di Wuhan, China, sudah stres akibat wabah virus corona yang menyebarkan uang akibat kondisi di negara itu? Demikian seperti dikutip dari Antara, Jumat, 14 Februari 2020.

Kabar HoaksTangkapan layar unggahan dari akun media sosial yang menyatakan bahwa orang kaya di Kota Wuhan, China menghamburkan uang karena stres. (Foto: Antara/Kominfo)

Cek Fakta

Mengacu laporan Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Informasi dan Informatika (Kominfo), video tersebut telah beredar di kanal YouTube

Video berjudul Chinese man throwing money off the window itu diunggah oleh pemilik akun YouTube Chris Jr pada 26 Oktober 2017.

Sementara, wabah virus corona baru terjadi di China pada akhir Desember 2019 dan berpusat di Wuhan, China. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Selasa (12/2/2020), memberikan nama resmi novel virus corona sebagai COVID-19. []

Berita terkait
Cek Fakta: Warga China Nonmuslim Takut Corona Salat?
Warga China nonmuslim yang takut virus corona menunaikan salat menjadi viral, benarkah?
Cek Fakta: Benarkah China Akan Membunuh 20.000 Pasien Corona?
Pemerintah Cina dikabarkan akan membunuh 20.000 pasien coronavirus sebagai cara mengendalikan penyebaran virus Corona. Benarkah?
Pulang dari China, Mahasiswa Tegal Dicek Kesehatan
Mahasiswa Tegal langsung diperiksa kesehatannya usai tiba dari China. Bagaimana hasilnya?
0
Demi Liga Champions, Aguero Bertahan di Man City
Striker Sergio Aguero bakal mengakhiri kontrak di Manchester City dan kembali ke Argentina. Namun dia berubah pikiran dan bertahan di Man City.