UNTUK INDONESIA
Warga Kajang Bulukumba Bantu Korban Banjir Luwu Utara
Warga Kajang Bulukumba turut menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara sulsel.
Warga Kajang Kabupaten Bulukumba Sulsel membantu korban banjir bandang di Luwu Utara. (Foto: Tagar/Ist)

Bulukumba - Berbagai elemen masyarakat terlibat membantu korban banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Tak terkecuali dari warga Kabupaten Bulukumba. Warga yang berada di daerah bagian selatan Sulawesi Selatan ini turut menunjukkan aksi dengan turun ke jalan guna menggalang donasi.

Bukan hanya masyarakat umum berinisiasi untuk menggalang dana ini. Tokoh atau publik figur juga terlibat penggalangan dana ini. Seperti yang dilakukan oleh warga di Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba yang tergabung dalam aksi Kajang for korban bencana Masamba.

Kami bergerak hanya tiga hari di mulai hari tangal 19 Juli 2020 lalu.

Dari informasi yang dihimpun Tagar, aksi kemanusiaan itu digerakkan oleh berbagai kelompok masyarakat. Seperti Komunitas Peternak Kajang, PMR SMAN 5 Bulukumba, PMR SMAN 18 Bulukumba, RESTIEL, Komunitas Pemuda Pelaut Kajang, Pemuda Pancasila Kajang, kemudian Pemuda Peduli Kajang.

Penanggung jawab penggalangan dana tersebut, Andi Muhammad Tasmira Maloga, mengatakan, berbagai bentuk donasi diterimanya yang kemudian disalurkan langsung ke Luwu Utara.

"Bantuan yang disalurkan di Luwu Utara berupa telur, beras, pakaian bekas, mie instan, sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, minyak goreng, pakaian dalam, dan masih banyak lagi," jelas Andi Muhammad Tasmira, Jumat, 24 Juli 2020.

Dia menyebut, aksi sosial tersebut dikumpul terlebih dahulu di posko yang dibangun di kediamannya. Bantuan itu sesegera disalurkan agar masyarakat di Luwu Utara merasa bahwa mereka tak sendiri menghadapi musibah itu.

"Jadi sebelum berangkat ke Masamba, masing-masing komunitas bergerak dan selanjutnya dikumpul di sekretariat yakni di rumah saya," kata dia.

Guru di MAN Tanete Bulukumba ini mengatakan, penggalangan dana itu dilakukan sejak 19 Juli lalu.

"Kami bergerak hanya tiga hari di mulai hari tangal 19 Juli 2020 lalu. Cukup tiga hari dan kami star ke Masamba Selasa malam (Ba'da Salat isya) sampai pukul 06.00 WITA dan disambut oleh Ketua BPC Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) Luwu Utara," kata dia.

Sementara itu, Ketua BPC Kerukunan Keluarga Bulukumba Luwu Utara, Muhammad Kasrum Patawari menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba atas perhatian dan bantuan yang disalurkan untuk masyarakat Kabupaten Luwu Utara.

"Saya atas nama Ketua Kerukunan Keluarga Bulukumba Cabang Luwu Utara menyampaikan terima kasih banyak atas kepeduliannya," kata Kasrum yang juga Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (DP2KUKM) Luwu Utara.

Seperti diketahui, banjir bandang melanda kabupaten Luwu Utara pada Senin, 13 Juli 2020 malam lalu. Banyak korban yang terdampak diakibatkan bencana ini. Bahkan dilaporkan banyak pula korban jiwa. []

Berita terkait
Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Agam Diterjang Banjir
Bencana banjir dan longsor menerjang sejumlah kawasan di Kabupaten Agam.
Kerugian Pasca Banjir di Padang Capai Puluhan Juta
Kerugian bencana banjir, longsor hingga angin puting beliung yang menerjang Kota Padang mencapai puluhan juta.
JK Ingin Pemda Lutra Fokus Pembersihan Pasca Banjir
Ketua PMI Jusuf Kalla meminta Pemerintah Daerah Luwu Utara untuk memfokuskan pembersihan sarana dan rumah warga pasca banjir bandang.
0
Warga Kajang Bulukumba Bantu Korban Banjir Luwu Utara
Warga Kajang Bulukumba turut menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara sulsel.