Kenali 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Selain mencegah dehidrasi, air kelapa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, berikut beberapa manfaat dari air kelapa.
Ilustrasi Kelapa. (Foto: Tagar/unsplash)

Jakarta – Air berwarna agak putih yang berasal dari dalam kelapa muda ini mengandung banyak vitamin, mineral dan elektrolit yang mirip dengan cairan di tubuh kita. Tak heran jika air kelapa disebut sebagai isotonik alami yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Air kelapa telah dikonsumsi selama berabad-abad di seluruh dunia khususnya di daerah yang tropis. Selain untuk mengobati dehidrasi, pada zaman dulu air kelapa digunakan untuk pengobatan tradisional, dan dipercaya dapat membantu pencernaan.

Kita bisa mendapatkan banyak manfaat air kelapa untuk kesehatan jika diminum dengan rutin tanpa menambahkan gula, Berikut 5 manfaat air kelapa yang Tagar rangkum dari berbagai sumber:

1. Mencegah Dehidrasi

Dua penyebab utama dehidrasi umumnya adalah gerakan yang intens hingga cuaca yang panas, tipikal dengan yang terjadi di negeri-negeri beriklim panas. Jika dibiarkan, dehidrasi bisa menyebabkan kejang hingga gagal ginjal.

Salah satu manfaat air kelapa adalah untuk mencegah dehidrasi berskala ringan. Air kelapa mengandung empat jenis elektrolit yaitu potassium, sodium, magnesium, dan kalsium. Sebagai isotonik alami, air kelapa dapat memenuhi kebutuhan sodium yang terbuang karena keringat atau urin.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Potassium sebagai salah satu jenis elektrolit dalam air kelapa juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, potassium meningkatkan fungsi jantung dan otot. Kandungan kalium pada air kelapa juga dapat membuat pembuluh darah lebih elastis sehingga melancarkan peredaran darah.

Namun, untuk penyakit darah tinggi yang akut, tentu pengobatannya tidak cukup dengan air kelapa saja. Sebaiknya tetap konsultasikan langsung dengan dokter.

3. Mencegah Kerutan pada Kulit

Dikutip dari Be fit kitchen, menurut Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Laboratory Biochemistry yang dikeluarkan tahun 2014 di India, air kelapa mengandung cytokinin yang berfungsi sebagai anti-aging. Ini berkaitan dengan pencegahan penuaan sel, yang salah satunya adalah kerutan pada kulit wajah.

Selain itu, kandungan vitamin C pada air kelapa juga membuat kulit menjadi lebih elastis dan beregenerasi dengan baik. Ragam mikro nutrisi dalam air kelapa seperti ion dan vitamin juga berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Hal ini menjauhkan kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Untuk Mengontrol Gula Darah

Kandungan arginine yang merupakan salah satu jenis asam amino pada air kelapa dapat meningkatkan fungsi pankreas. Dengan begitu, pankreas akan memproduksi hormon insulin dengan kadar normal yang dapat menstabilkan gula darah.

Selain itu, air kelapa juga kaya serat dan rendah kalori. Hal ini yang kerap menjadikannya sebagai pilihan untuk diet. Namun, pastikan untuk meminum air kelapa murni tanpa tambahan apapun untuk menjaga kadar kalori.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Batu Ginjal

Ada kemungkinan manfaat air kelapa dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida. Namun, hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa adanya kemungkinan manfaat air kepala dapat mencegah penumpukan kalsium, oksalat dan zat lain menjadi kristal, yang kemudian menjadi batu ginjal. Meski masih perlu dilakukan studi lanjutan terhadap hal tersebut.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Manfaat Air Kelapa dan Ekstrak Tomat untuk Kesuburan Tanaman
Mahasiswa UNY dalam penelitiannya menyebut air kelapa dan ekstrak tomat bermanfaat menyuburkan tanaman horitukultura. Begini penjelasannya.
Manfaat Konsumsi Buah Kelapa untuk Kesehatan
Buah kelapa yang banyak digemari orang, ternyata memiliki beragam manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaatnya.
Kelapa Muda Campur Garam Resep Bupati Aceh Barat Sembuh C-19
Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS mempunyai resep sendiri untuk meningkatkan stamina dan menjaga daya tahan tubuh saat terkena virus corona.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.