UNTUK INDONESIA
Waktu Tepat Cek Gula Darah Penderita Diabetes
Obesitas menyebabkan sel-sel di tubuh menjadi tidak sensitif terhadap insulin, akhirnya menyebabkan diabetes. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kapan waktu yang tepat bagi penderita diabetes untuk mengecek gula darahnya ketika sedang berpuasa Ramadan. 

Penderita diabetes tentu saja tidak bisa sembrono dalam berpuasa. Mereka pasien diabetes diharuskan menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi stabil. Maka dari itu, tidak jarang para diabetesi memiliki alat pengukur kadar gula darah atau glukometer.

Dokter dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, dr Wismandari Wisnu, SpPD, K-EMD, FINASIM menyarankan setiap pengidap diabetes yang berpuasa harus rutin mengecek kadar gula darah sesering mungkin.

"Ini jam-jam yang disarankan periksa gula. Bisa memprediksi aman atau nggaknya pas sahur, pagi hari, tengah hari, sore-sore, sebelum buka puasa, 2 jam setelah buka," jelas dr Wisma, dikutip Tagar, Senin 13 Mei 2019. 

Selain di waktu-waktu itu, kata dr Wisman, pengidap diabetes juga harus mengecek kadar gula darahnya saat merasakan adanya gejala hipoglikemik atau kadar gula darah rendah di bawah 70 mg/dL.

"Gejalanya meliputi tubuh gemetar, keringat dingin, berdebar-debar, rasa lapar, bingung, sakit kepala, bahkan tidak sadar. Itu kemungkinan hipoglikemik. Jangan dipaksa, langsung buka saja," ujarnya. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Jadwal Lengkap Acara Televisi Nasional Sabtu 24 Oktober 2020
Ragam program televisi nasional siap menghibur Anda pada Sabtu 24 Oktober 2020.