Bagaimana Puasa Tanpa Sahur, Sahkah?

Tidak sedikit di antara kita yang terlewat sahur tapi tetap berpuasa. Alasan tidak sahur karena bangun kesiangan. Apakah sah berpuasa tanpa sahur?
Ilustrasi Makanan Sehat. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Tidak sedikit di antara kita yang terlewat sahur tapi tetap berpuasa. Alasan mereka tidak sahur karena bangun kesiangan. Lantas, bagaimana hukumnya?

Khairuddin Tahmid, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung mengatakan Nabi Muhammad Shallallahi 'Alahi Wa Salam tidak pernah mengajarkan bahwa di antara syarat sah puasa adalah makan sahur. Karena itu, puasa seseorang tetap sah sekalipun paginya tidak sahur.

Dalil tegas yang menunjukkan hal ini adalah hadis dari ummul mukminin Aisyah menceritakan:

"Suatu hari, Nabi SAW menemui kami, dan bertanya, 'Apakah kalian punya makanan?' Kami menjawab, 'Tidak.' Kemudian beliau bersabda: "Kalau begitu, saya akan puasa.". (HR. Muslim 1154, Nasai 2324, Turmudzi 733).

Pada hadis ini, Nabi Muhammad SAW mendatangi istrinya di pagi hari. Beliau menanyakan kepada istrinya, apakah di rumah ada makanan untuk sarapan. Artinya, Nabi tidak memiliki niat puasa ketika itu.

Bersahurlah karena dalam sahur terdapat berkah.


Kemudian ketika Aisyah menjawab bahwa beliau tidak memiliki makanan, Nabi melakukan puasa.

Ini menunjukkan bahwa pada malam harinya, Nabi tidak makan sahur, karena pada malam itu, tidak ada keinginan dari beliau untuk berpuasa. Beliau baru menyatakan berpuasa di pagi harinya.

Namun perlu diketahui bahwa sahur merupakan sunnah yang muakkad bagi yang berpuasa dengan dasar perintah dari Rasulullah untuk itu sebagaimana hadis yang terdahulu dan juga sabda beliau:

“Bersahurlah karena dalam sahur terdapat berkah.”

Oleh karena itu, Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fath al-Bary (3/139) menukilkan ijmak atas kesunahannya.

Kesimpulan, apabila kita puasa Ramadan atau puasa sunah tapi tidak sahur, puasanya tetap sah. Hanya saja kehilangan keutamaan dan keberkahan makan sahur.  []

Baca juga


Berita terkait
Menu Wajib Dikonsumsi Saat Sahur Puasa Pertama
Santap sahur sebagai pengganti sarapan bertujuan memberikan cadangan energi pada pagi hari selama berpuasa. Berikut ini menu wajib dikonsumsi.
6 Minuman Hangat Cocok Dikonsumsi Saat Sahur
Sahur adalah momen penting dalam menjaga asupan nutrisi dan energi sebelum mulai puasa. Berikut ini 6 minuman hangat cocok dikonsumsi saat sahur.
Olahan Serba Kentang, Simpel Buat Sahur Pertama Ramadan 2021
Seminggu lagi masuk bulan puasa Ramadan 2021. Untuk penyemangat, ini tiga resep olahan kentang, simpel buat inspirasi hidangan sahur hari pertama.
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).