Waktu Berdoa Paling Mustajab Agar Cepat Terkabul

Perintah berdoa tidak hanya datang dari Allah SWT, Rasulullah SAW juga memerintahkan umat islam untuk senantiasa berdoa.
Berdoa (Foto: Tagar/Freepik/Jcomp)

Jakarta - Allah SWT sangat mencintai hambanya yang senantiasa berdoa. Allah SWT berfirman seperti yang tertulis dalam surah Ghafir ayat 60 : "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu)”

Perintah berdoa tidak hanya datang dari Allah SWT, Rasulullah SAW juga memerintahkan umat islam untuk senantiasa berdoa. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan murka padanya." (HR. Tirmidzi)

Ada waktu tertentu agar doa yang kita panjatkan dapat terkabul, yaitu.


1. Sepertiga Malam Akhir

Allah Swt sangat mencintai hamba-Nya yang berdoa di sepertiga malam terakhir, seperti yang tercurah dalam surah Adz Dzariyat ayat 18: “Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampun.”(QS. Adz Dzariyat: 18)


2. Waktu Berbuka Puasa

Menurut hadis Rasulullah SAW menegaskan keutamaan berdoa saat berbuka puasa. "Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzalimi". (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban)


3. Saat Adzan

Rasulullah SAW bersabda: "Ada dua doa yang tidak tertolak atau jarang tertolak yaitu; doa saat adzan dan doa ketika perang berkecamuk". (HR Abu Daud, HR Al-Baihaqi, HR Hakim. Dishahihkan Imam Nawawi dalam Al-Adzkaar hal. 341).


4. Setelah Akhir Salat Fardu

"Doa setengah malam terakhir dan doa akhir shalat fardhu" (HR. At-Tirmidzi).


5. Di Hari Jumat

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya pada hari Jumat ada satu saat yang tidak bertepatan seorang hamba muslim salat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah melainkan akan diberikan padanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut". (HR Al-Bukhari). Para ulama mengatakan, waktu tersebut adalah bakda Ashar sebelum Maghrib dan ketika Khatib sedang duduk dalam khutbahnya.


6. Saat Hujan

Rasulullah SAW bersabda: "Dua doa yang tidak akan ditolak: (1) doa ketika adzan dan (2) doa ketika ketika turunnya hujan." (HR. Hakim dan Al-Baihaqi).


7. Hari Arafah

Waktu mustajab berdoa di hari Arafah, atau pada tanggal 9 Dzulhijjah. Doa akan dikabulkan saat jamaah haji tengah melakukan wukuf di Arafah dalam pelaksanaan ibadah haji. Hal ini sesuai hadis riwayat At Tirmidzi 3585: "Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah." (HR. At-Tirmidzi).[]


(Egy Setya Ramadhan)


Baca Juga:

Berita terkait
Ledakan di Beirut Lebanon, Kylie Jenner Berdoa
Beirut, Lebanon diluluhlantakkan ledakan, yang menyisakan kesedihan bagi banyak pihak termasuk Kyle Jenner turut berdoa atas peristiwa tersebut.
Usir Corona, Warga Aceh Berdoa Keliling Kampung
Warga Kabupaten Aceh Besar, Aceh menggelar pawai keliling kampung sambil berdoa ‘Tulak Bala untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.
Bagaimana Doa untuk Orang Tua Non-Muslim yang Meninggal Dunia?
Berdoa untuk orang tua non-Muslim yang sudah meninggal tidak ada gunanya dan bahkan dilarang perintah Alquran.
0
Waktu Berdoa Paling Mustajab Agar Cepat Terkabul
Perintah berdoa tidak hanya datang dari Allah SWT, Rasulullah SAW juga memerintahkan umat islam untuk senantiasa berdoa.
5 Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda
Keutamaan Baca Doa Ketika Turun Hujan