Wajib Tahu! Ini Tips Berkendara Jauh dengan Motor

Jika kalian ingin melakukan perjalanan jauh mengendarai motor sebaiknya mempersiapkan beberapa hal. Berikut merupakan tips yang wajib diketahui.
Ilustrasi - Pengendara motor jarak jauh. (Foto: Tagar/Unsplash/@nomadbikers)

Jakarta – Motor masih menjadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia baik pada wilayah perkotaan atau pedesaan. Selain harganya yang paling murah kendaraan bermotor roda dua ini juga terkenal dapat memangkas waktu perjalanan.

Tak hanya digunakan di dalam kota, beberapa orang mengendarai motor untuk jarak yang jauh loh. Meskipun terkesan mustahil, ada beberapa orang yang pergi mengelilingi dunia ini dengan mengendarai motor pribadinya.

Di Indonesia sendiri juga kerap ditemui orang yang bepergian antar kota mengendarai motor. Hal seperti ini umumnya ditemui pada saat libur lebaran dan libur panjang lainnya.

Namun, jika kalian ingin melakukan perjalanan jauh mengendarai motor sebaiknya mempersiapkan beberapa hal. Berikut merupakan tips yang bisa kalian lakukan sebelum melakukan perjalanan mengendarai motor.


1. Cek kondisi motor

Hal yang paling penting sebelum kalian mengendarai motor adalah mengecek kondisi motor kalian. Memastikan motor dalam kondisi prima merupakan hal yang wajib dilakukan supaya perjalanan kalian berjalan lancar.

Pastikan kalian sudah melakukan service rutin sebelum bepergian jauh menggunakan motor. Selain mesin sebaiknya kalian melakukan pengecekan kondisi ban, rem, gas serta kelistrikan pada motor.


2. Pahami rute

Selain memastikan kondisi motor, sebaiknya kalian memahami rute perjalanan yang akan kalian lewati. Kalian perlu mengingat jangan pernah berkendara sambil memainkan ponsel meski hanya sekedar melihat rute karena bisa membahayakan kalian dan pengendara lain.

Selain mengetahui rute perjalanan, kalian juga sebaiknya mencari lokasi peristirahatan seperti SPBU, tempat ibadah, hingga hotel di jalan yang akan kalian lewati. 

Dengan menguasai rute kalian mempunyai gambaran kasar dimana kalian akan beristirahat dan berapa lama perjalanan yang akan kalian tempuh.


3. Perhatikan Bagasi

Kalian harus mengetahui jika sangat tidak disarankan berkendara dengan barang bawaan yang berlebih. Selain merepotkan diri sendiri, berkendara dengan bawaan berlebih bisa membahayakan pengendara lain juga loh.

Oleh karena itu sebelum berkendara jarak jauh, sebaiknya kalian mempersiapkan barang bawaan dan mengelompokkannya. Pastikan meletakan barang yang akan sering digunakan pada tempat yang mudah dijangkau.


4. Berkelompok

Meskipun berkendara sendiri lebih menyenangkan dan leluasa, namun sebaiknya jika kalian melakukan perjalanan jauh berkendaralah secara berkelompok. Dengan berkendara secara berkelompok kalian akan merasa lebih aman dan bisa berkomunikasi dengan rekan yang lainnya.

Kalian bisa memanfaatkan radio komunikasi untuk pengendara yang akan diletakan pada helm. Dengan menggunakan alat ini perjalanan kalian akan terasa lebih menyenangkan dan bisa melakukan komunikasi yang tidak membahayakan orang lain.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
4 Tips Tetap Termotivasi Mencapai Tujuan Tabungan
Misalnya, untuk dana darurat, uang muka rumah, atau pergi berlibur. Namun, seringkali tergoda untuk menggunakan uang tabungan.
Ini Dia Tips Menabung untuk Membeli Motor Pertamamu
Keinginan untuk membeli motor yang tepat dengan kebutuhan dan kemampuan masih bisa terwujud dengan tips menabung ini yang bisa dilakukan.
Tips Melakukan Kredit Kendaraan Bermotor
Pilihlah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan harganya terjangkau kemampuan keuangan.
0
Wajib Tahu! Ini Tips Berkendara Jauh dengan Motor
Jika kalian ingin melakukan perjalanan jauh mengendarai motor sebaiknya mempersiapkan beberapa hal. Berikut merupakan tips yang wajib diketahui.