Simak! 6 Tips Merawat Motor Sebelum Ditinggal Berlibur

Supaya mesin motor masih tetap terjaga dengan baik saat liburan akhir tahun. Nah, simak tips perawatan motor berikut ini yang harus diketahui.
Ilustrasi - Merawat motor sebelum berlibur. (Foto: Tagar/Unplash/Kat)

Jakarta – Akhir tahun 2022 sebentar lagi akan tiba namun masih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih tak kunjung berakhir. Pemerintah menghimbau masyarakat agar tetap berada dirumah dan tidak melakukan perjalanan untuk berlibur.

Namun, beberapa masyarakat Pastinya akan tetap pergi untuk berlibur, dengan begitu motor anda akan jarang digunakan. Supaya mesin motor masih tetap terjaga dengan baik, simak tips perawatan motor berikut ini.


1. Panaskan motor sesekali

Jika motor tidak dipanaskan maka oli yang ada pada mesin motor akan mengendap. Maka dari itu, Motor harus tetap dipanaskan agar kelancaran pada mesin selalu terjaga. 

Selain itu, hal ini juga dapat membuat pelumas untuk selalu melapisi bagian komponen pada mesin anda. Dalam memanaskan mesin motor hanya membutuhkan 3 – 5 menit saja.


2. Cuci motor

Sangat disarankan untuk mencuci motor sebelum ditinggal berpergian, hal ini bertujuan untuk mencegah korosi akibat kotoran yang menempel pada rangka motor ataupun bodi. Setelah itu, pastikan motor anda kering dan pastikan tidak ada air yang menggenang pada area kelistrikan.


3. Lepas kabel aki

Sebelum berpergian dengan waktu yang lama, dianjurkan untuk mencabut kabel yang terhubung dengan aki. Hal tesebut dilakukan agar mencegah terjadinya hubungan arus pendek dan agar tidak ada arus listrik yang terbuang dengan sia-sia.


4. Cek bahan bakar

Sebaiknya isi penuh bahan bakar jika ingin meninggalkan motor dengan waktu yang lama, dengan tujuan agar terhindar dari karat lantaran proses penguapan ketika motor ditinggal dan tangki dapat berembun jika seal tidak maksimal.


5. Tambahkan pengaman

Sebaiknya tambahkan pengaman pada motor anda agar terhindar dari tindakan kriminal. Anda dapat menambahkan gembok atau dapat menggunakan grip lock yang dipasang pada bagian kopling, rem ataupun pada tuas gas.


6. Cek bagian rantai

Hal yang harus anda cek lainnya adalah pada bagian rantai motor, karena bagian rantai motor ini sangat mudah sekali berkarat apalagi jika motor jarang digunakan. Untuk dapat menghindari hal tersebut anda jagalah rantai anda seperti dalam keadaan biasanya dan tidak kendor serta tidak basah.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
5 Tips Mencari Modal Usaha dari Bank Syariah
Banyak masyarakat yang sangat menginginkan untuk berbisnis atau membuka usaha namun tak semua dapat berhasil.
Kembangkan Motor Listrik, Harley-Davidson Gandeng Kymco
Dengan meningkatnya era kendaraan ramah lingkungan saat ini, produsen otomotif ternama Harley–Davidson dan Kymco selaku produsen Skuter Taiwan.
TVS & BMW Jalin Kerja Sama Kembangkan Motor Listrik
BMW Motorrad dan TVS Motor Company telah resmi mengumumkan perpanjangan kerja sama bisnisnya sekaligus untuk memperluas kemitraannya.
0
Simak! 6 Tips Merawat Motor Sebelum Ditinggal Berlibur
Supaya mesin motor masih tetap terjaga dengan baik saat liburan akhir tahun. Nah, simak tips perawatan motor berikut ini yang harus diketahui.