UNTUK INDONESIA
Wahana Baru di Taman Pintar Yogyakarta dan Keunggulannya
Destinasi wisata pendidikan Taman Pintar Yogyakarta mengenalkan wahana baru, Sciensation Tour. Berikut keunggulannya.
Seorang pengendara sepeda motor keluar dari areal halaman Taman Pintar Yogyakarta. (Foto: Tagar/wikipedia)

Yogyakarta - Salah satu destinasi wisata yang jadi jujugan favorit wisatawan khususnya keluarga dan anak-anak, Taman Pintar Yogyakarta, terus berkreasi. Terlebih di tengah masih terjadinya pandemi saat ini. Berada di bawah Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta ini menghadirkan wahana anyar yakni Taman Pintar Sciensation Tour.

"Secara sederhananya kami mengajak pengunjung untuk belajar dengan cara baru lantaran masih adanya virus saat ini," papar Kepala Seksi (Kasie) Hubungan Masyarakat (Humas), Kerja Sama dan Pemasaran Taman Pintar Yogyakarta, Karmila dalam siaran persnya yang diterima Tagar, Minggu, 18 Oktober 2020.

Pada masa pandemi ini, ungkap dia, Taman Pintar terus berinovasi agar dapat tetap melayani masyarakat dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui berbagai media, khususnya dalam platform digital.

Secara sederhananya kami mengajak pengunjung untuk belajar dengan cara baru lantaran masih adanya virus saat ini.

Setelah sebelumnya meluncurkan podcast Taman Pintar Bercerita, penjualan Science Kit secara online, serta live show di Instagram @tamanpintar_yogyakarta dan @ensiklotepi, kini Taman Pintar meluncurkan Taman Pintar Sciensation Tour, jelajah Taman Pintar secara virtual. "Program Taman Pintar Sciensation Tour menyuguhkan sensasi belajar sains secara virtual menggunakan aplikasi Zoom," ungkapnya.

Menurut Karmila, program ini diluncurkan untuk menanggapi banyaknya permintaan dari sekolah yang ingin melaksanakan virtual tur di Taman Pintar. Terlebih dengan mengingat pada masa pembelajaran secara daring, anak-anak tetap membutuhkan penyegaran dan wawasan baru.

Baca Juga:

Dalam wahana baru ini, jelasnya, para peserta tur virtual, akan diajak berjalan-jalan ke dalam Gedung Oval-Kotak Taman Pintar. Uniknya, jalan-jalan dilakukan melalui video yang disajikan dengan penjelasan keilmuan langsung dari pemandu.

Nantinya, peserta virtual tour dapat melihat alat peraga sains yang ada di dalam gedung, bagaimana cara memainkan, dan konsep keilmuan dari alat peraga tersebut. "Salah satu nilai plus dalam Taman Pintar Sciensation Tour ini, peserta dapat berdiskusi secara langsung dengan pemandu Taman Pintar, sehingga akan lebih interaktif," ungkapnya.

Selain itu, peserta juga dapat memilih zona atau wahana apa saja yang ingin dikunjungi disesuaikan dengan waktu yang disepakati. Layanan virtual tour ini dibuka untuk hari Senin hingga Sabtu dengan minimal 50 orang peserta dalam satu kali tur. Masyarakat dapat memesan layanan ini melalui website www.tamanpintar.co.id , hotline 0857-2973-9999," imbuhnya.

Baca Juga:

Lebih lanjut diutarakannya, selain tur virtual di dalam gedung, masyarakat juga dapat menambah keseruan dengan paket demo sains atau paket science kit. Paket tambahan ini, menyajikan pertunjukkan demo sains yang dapat dipraktekkan di rumah dengan kit dari Taman Pintar.

Berbagai format layanan tersebut merupakan upaya Taman Pintar untuk memudahkan dan mendekatkan sains kepada masyarakat dari rumah. "Taman Pintar berharap masyarakat dapat belajar dari rumah dengan cara yang menyenangkan," pungkas Karmila. []

Berita terkait
Wisata Adrenalin di Perosotan Pelangi Dusun Semilir Bawen
Wahana wisata perosotan di Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang, jadi ajang uji adrenalin pengunjung. Seperti apa keseruannya?
Ratusan Wisatawan Mulai Kunjungi Karimunjawa Jepara
Dibuka perdana, wisata Taman Nasional Karimunjawa langsung dikunjungi ratusan wisatawan.
Demo di Yogyakarta, PKL Malioboro dan Keluhan Wisatawan
Aksi unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja di Yogyakarta berakhir ricuh. Pedagang kaki lima dan wisatawan di malioboro mengeluhkan hal itu.
0
Dukungan Paus Fransiskus untuk LGBT Tuai Reaksi di Filipina
Dukungan Paus Fransiskus terhadap ikatan sipil bagi pasangan sesama jenis (LGBT) menuai reaksi beragam di Filipina