UNTUK INDONESIA
Volkswagen Makin Pede, Pertumbuhan Penjualan di China Mantap
Produsen mobil Jerman, Volkswagen semakin pede melihat pertumbuhan pasar di China.
Pengunjung International Automobile Expo di Changchun, China tengah melihat stan Volkswagen, 10 Juli 2020. Produsen mobil Jerman, Volkswagen semakin pede melihat pertumbuhan pasar di China. (Foto: Tagar/Xinhua/Zhang Nan/Volkswagen).

Jakarta - Produsen mobil Jerman, Volkswagen semakin pede melihat pertumbuhan pasar di China. Tiongkok yang menjadi pasar otomotif terbesar di dunia menjadi pendorong utama bagi VW untuk pemulihan akibat imbas pandemi Covid-19.

Seperti diberitakan dari laman xinhuanet.com, Jumat, 30 Oktober 2020, penjualan VW di China dalam triwulan III 2020 naik 3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Pada paruh pertama 2020, perusahaan otomotif itu mengalami kerugian lebih dari satu miliar euro.

Pada akhir triwulan III 2020, VW mencatat laba sebelum pajak sekitar 2,4 miliar euro (US$ 2,8 miliar). Unit bisnis di China memberikan kontribusi terbesar dalam raihan laba. "Bisnis Volkswagen terus terkena dampak pandemi dalam sembilan bulan pertama 2020 meskipun upaya pencegahan sudah dilakukan," kata Frank Witter, anggota dewan yang bertanggung jawab untuk keuangan dan TI VW.

Pengiriman kendaraan di seluruh dunia perusahaan selama tiga kuartal pertama 2020 turun 18,7 persen secara year on year (yoy) menjadi 6,5 juta unit. Pertumbuhan di China menolong VW dari kejatuhan lebih dalam.

Pertumbuhan di Tiongkok berdampak positif kineja keuangan perseroan. Selama periode Juli hingga September, hasil operasi Volkswagen sebesar 3,2 miliar euro, ini jelas perusahaan diklaim kembali ke wilayah positif."

Untuk tahun fiskal penuh 2020, Volkswagen memperkirakan pendapatan jauh lebih rendah dari tahun lalu. Imbas pandemi membuat penjualan akan turun secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Namun perseroan meyakini berada di wilayah positif.

Menyusul pengumuman tersebut, saham Volkswagen naik sekitar 2,5 persen pada akhir perdagangan Kamis, meskipun secara keseluruhan lingkungan pasar masih negatif. []

Berita terkait
Dealer VW di Meksiko Dikecam Pasang Simbol Nazi
Volkswagen (VW) menyatakan putus hubungan bisnis dengan dealer di Meksiko gara-gara pasang simbol Nazi.
VW Tiguan Dirakit di Cikampek Susut Rp 100 Juta
VW Tiguan Rakitan dari Cikampek membuat harga mobil asal Eropa ini menyusut hingga Rp 100 juta.
Volkswagen Meluncurkan Arteon Facelift
Volkswagen meluncurkan Arteon facelift dengan tambahan fitur Arteon Shooting Brake dan bsejumlah ubahan di bagian eksterior.
0
Kementerian PUPR Siapkan Sistem Irigasi Perpipaan
Kementerian PUPR menyiapkan sistem irigasi dan jalan akses untuk mendukung program pengembangan food estate sebagai lumbung pangan baru di Kalteng.