Kivlan Zen Bersitegang dengan Wiranto Bahas Dalang Kerusuhan 98

Wiranto dan Kivlan Zein terlihat beradu mulut soal dalang di balik kerusuhan 1998.
Wiranto (pertama dari kiri) dan Kivlan Zein (kedua dari kiri). (Foto: Screenshoot video viral)
Jakarta, (Tagar 6/4/2019) - Beredar luas video di media sosial memperlihatkan pertemuan antara Jenderal (purn) Wiranto dan Mayjend (purn) Kivlan Zen. Keduanya terlihat beradu mulut soal dalang di balik kerusuhan 1998.

Pertemuan dua purnawirawan itu terekam dalam video berdurasi 28 detik yang diunggah oleh mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjend (purn) Johannes Suryo Prabowo di akun Twitter @marieteman, Jumat (5/4).

Diduga Wiranto mempertanyakan pernyataan Kivlan yang menuduhnya sebagai dalang kerusuhan 98. Kivlan terlihat bersuara lantang ke Wiranto, yang notabene mantan atasannya di TNI, sedangkan Kivlan Zen merupakan mantan Kepala Staf Kostrad (Kas Kostrad).

"Kamu bilang saya dalang kerusuhan 1998?" tanya Wiranto.

Kemudian, Kivlan menjawab dengan nada meninggi. "Siapa yang ngomong abang dalang kerusahan? Bertanggung jawab, bukan dalang," ucap Kivlan Zen yang terpancing emosinya.

Tak ingin kedua jenderal purnawirawan itu cekcok berkepanjangan, seorang pria berkacamata lalu menarik Kivlan agar menjauh dari petinggi Partai Hanura.

Setelah dilerai, justru Kivlan langsung berbalik memeluk Wiranto sambil tertawa. Wiranto pun juga memeluk Kivlan dengan hangat.

Riuh tawa semua orang yang menyaksikan peristiwa di dalam ruangan itu pun kemudian yang mencairkan ketegangan diantara keduanya.

Akun @marieteman lalu menambahkan keterangan dalam video tersebut. "Kebenaran itu tidak kenal pangkat dan jabatan, senior atau junior. Kalau yakin benar, harus disampaikan baik dengan cara ngotot mau pun tertawa," cuitnya.

Sebelumnya, Wiranto maupun Kivlan Zen sempat psywar melalu media massa, hingga menimbulkan wacana sumpah pocong yang digagas oleh Wiranto soal dalang peristiwa 98.

Wiranto yang geram, ingin membuktikan bahwa siapa di antara dirinya, Prabowo atau Kivlan Zen yang menjadi dalang 98.

"Saya berani, katakanlah berani untuk sumpah pocong saja, 98 itu yang menjadi bagian dari kerusuhan itu saya, Prabowo, Kivlan Zen. Sumpah pocong kita. Siapa sebenarnya dalang kerusuhan itu," tegas Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) beberapa waktu lalu.

Baca juga:

Berita terkait
0
Aguero Tidak Akan Dorong Messi Untuk Bertahan di Barcelona
Aguero yang sudah teken kontrak dengan Barcelona mengatakan tidak akan mendorong Messi untuk bertahan di Barcelona