UNTUK INDONESIA

Viral Pria Nekat Ambil Video Kawah Merapi, Ini Kata BPPTKG

Viral seorang pria mengabadikan video kawah Merapi terkini di media sosial. Ini penjelasan BPPTKG Yogyakarta.
Screenshot video amatir kawah Merapi yang viral di medsos. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta - Beredar video seorang pria naik ke puncak Gunung Merapi. Pria nekat tersebut mengabadikan video kondisi terkini kawah gunung yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut. Tertera dalam video tersebut diambil pada Jumat, 27 November 2020.

Dalam video berdurasi 2.01 menit, diketahui pria bernama Lahar Barameru menceritakan kawah 1954 sudah longsor yang sudah tidak ada lagi. Saat ini ada pertumbuhan kubah lava baru di puncak Merapi dengan ketinggian sekitar 75 meter. "Selain itu di sana dulu ada lava 98, di tempat itu dulu Eri Yunanto terjatuh ke kawah Merapi. Tapi sekarang lava itu sudah tidak ada lagi," katanya dalam narasi video.

Baca Juga:

Video tersebut viral dan menjadi perbincangan masyarakat, mengingat Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta sudah melarang aktivitas pendakian salah satu gunung teraktif di Indonesia tersebut. Kenapa ada seseorang bisa naik ke puncak Merapi dan mengabadikan video dalam kondisi status level III atau Siaga.

Selain itu di sana dulu ada lava 98, di tempat itu dulu Eri Yunanto terjatuh ke kawah Merapi. Tapi sekarang lava itu sudah tidak ada lagi.

Selain itu, video dalam format YouTube ini juga dibagikan di Grup Facebook Info Seputar Merapi oleh akun bernama Agus Prasetyo Boyolali. Dalam postingannya di grup yang beranggotakan 21 ribuan member ini pengunggah memberi narasi sebagai berikut

Izin admin ada update video terbaru..

"Pria Ini Nekad Naik Sampai Puncak Gunung Merapi, Ini Video Ngeri Kondisi Kawah"

Lahar Bara naik sampai puncak Gunung Merapi, Jumat 27 November 2020. Pria yang dibesarkan di lereng Merapi ini rupanya ingin memberikan kontribusi spesial bagi BPPTKG dan pihak-pihak terkait dalam proses mitigasi bencana.

Lahar Bara memang bukan orang baru bagi masyarakat di lereng Merapi. Ia tau persis setiap sudut yang ada di puncak itu. Ia pun menjadi salah satu orang yang ikut turun ke kawah saat pengambilan jasad pendaki yang terperosok ke kawah Merapi pada beberapa tahun silam.

Lantas apa yang direkamnya? Sulit untuk dibayangkan. Kengerian sudah muncul didetik pertama. Satu hal yang pasti Lahar Bara bersyukur karena masih dapat diberikan kesempatan dan keselamatan untuk bisa kembali bertemu keluarganya.

Kemudian seluruh video yang berhasil direkam Lahar Bara akan diserahkan ke BPPTKG dan pihak terkait. Semoga relawan seperti Lahar Bara dan yang lainnya selalu diberikan kesehatan. Demikian juga dengan pengungsi. Merapi Mandali.

Baca Juga:

Lantas bagaimana respons BPPTKG perihal video viral kawah Merapi tersebut. Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida mengatakan, apa yang dilakukan pria tersebut bukan bagian dari misi BPPTKG. "Tentu saja itu oranng nekat, bukan orang BPPTKG," katanya dalam pesan singkat kepada Tagar, Sabtu, 28 November 2020.

Hanik mengakui, video tersebut memang menjadi pembicaraan di media sosial. Dia menegaskan, video tersebut bukan dari BPPTKG. "Monggo ikuti informasi kami, bagaimana kami memantau secara visual melalui https://www.youtube.com/c/BPPTKGCHANNEL," kata dia. []

Berita terkait
BPPTKG Prediksi Aliran Erupsi Merapi ke Sungai Gendol
Dari pantauan melalui helikopter, BPPTKG Yogyakarta memprediksi aliran erupsi Gunung Merapi masih mengarah ke Sungai Gendol.
Kijang dan Hewan Merapi Lain yang Terekam Kamera Pengintai
BTNGM sudah memasang kamera pengintai, tak menemukan Macan Tutul seperti santer diberitakan. Berikut hewan Merapi yang terekam kamera tersebut.
Antisipasi Lonjakan Pengungsi Merapi, Siapkan Barak Gayam
Barak Gayam di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pengungsi Merapi.
0
Viral Pria Nekat Ambil Video Kawah Merapi, Ini Kata BPPTKG
Viral seorang pria mengabadikan video kawah Merapi terkini di media sosial. Ini penjelasan BPPTKG Yogyakarta.