UNTUK INDONESIA
Viral Avatar di Facebook, Orang Ubah Jadi Kartun
Viral, orang mengubah dirinya dalam bentuk kartun Avatar. Berikut komentar orang yang memakai Avatar sebagai foto profilenya di Facebook.
Meme stiker Avatar di Facebook. (Foto: Tagar/Facebook)

Bantaeng - Hal baru jadi bahan perbincangan di Media Sosial (Medsos) Facebook. Beberapa akun mengubah foto dirinya dalam bentuk kartun Avatar.

Avatar ini merupakan salah satu fitur pada aplikasi Facebook. Dimana orang-orang dapat mengekspresikan diri dalam bentuk yang menyerupai dirinya, atau bentuk ideal yang diinginkannya.

Avatar ini membantu kita untuk menunjukkan ekspresi kepada orang-orang.

Pemilik akun Facebook Nur Hikmah, mengatakan, fitur itu baginya sangat lucu. Orang bisa menggunakannya sebagai sesuatu yang menjadi representasi dirinya atau bahkan menjadi sisi lain dari dirinya.

"Menurutku ini lebih beradab. Menggunakan Avatar di media sosial itu bisa menjadi sesuatu yang mewakili kita, atau menjadi simbol dari sesuatu yang kita inginkan dengan tidak menunjukkan identitas pribadi seperti wajah kita seperti yang selama ini terjadi," katanya kepada Tagar saat dihubungi via gawainya, Rabu, 2 September 2020.

Menurutnya Avatar yang viral saat ini mirip dengan fitur saat pertama kali keberadaan Medsos. Beberapa Medsos jaman dulu seperti friendster dan mIRC misalnya.

Pada masa Medsos Jadul tersebut, orang-orang tidak memasang foto pribadi di halaman medsosnya. Tapi lebih banyak menggunakan gambar-gambar unik yang mewakili dirinya. Perkenalan sendiri terjadi setelah adanya percakapan.

Kata Nur Hikmah, selain lucu, menggunakan Avatar juga menyambung silaturahmi. Sebuah kegemaran baru yang membuat orang-orang jadi lebih suka untuk saling menyapa di media sosial.

"Kita merasa jadi lebih dekat satu sama lain, apalagi sekarang sangat jarang kita bertemu teman-teman. Avatar ini membantu kita untuk menunjukkan ekspresi kepada orang-orang," katanya.

Namun, tidak semua orang berpikiran sama. Seiring melejitnya Avatar di Facebook, muncul pula meme tentang Avatar.

Dari sebuah postingan, meme Avatar tersebut menggambarkan seorang anak dengan wajah dengan eksresi lesu menatap pada layar yang penuh dengan Avatar. []

Berita terkait
Mama Muda di Bantaeng Raup Jutaan Rupiah dari Medsos
Seorang perempuan muda di Kaupaten Bantaeng meraup jutaan rupiah per pekan hanya dari berjualan daring melalui media sosial.
Unggah Hoaks di Medsos, Dua YouTuber Medan Ditangkap
Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Besar Medan menangkap dua YouTuber karena menyebar informasi bohong atau hoaks.
Lanjutan Kasus Kepsek Laporkan 4 Akun Medsos di Aceh
Polisi memanggil dua saksi ahli terkait kasus pencemaran nama baik di media sosial di Aceh.
0
IHSG Turun Tipis 0,09 Persen, 3 Saham Ini Dilego Asing
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Kamis, 22 Oktober 2020 terkoreksi tipis 0,09 persen di posisi 5.091,82 poin.