UNTUK INDONESIA
Video Kocak Polres Gowa Cover Lagu Sayur Kol Nyindir Hoaks Ratna Sarumpaet
Juga sebagai media kampanye Polres Gowa cegah hoaks berkembang di masyarakat.
Screen shoot video kocak Polres Gowa cover lagu Sayur Kol.

Jakarta, (Tagar 1/3/2019) - Tembang Sayur Kol yang diciptakan grup musik Punxgoaran kemudian dinyanyikan seorang anak kecil dengan suara polos belum lama ini viral lewat bentuk audio visual.

Lagu Sayur Kol itu bak kacang goreng yang laris manis disantap masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia. Bahkan parodi dengan iringan tembang tersebut banyak dijadikan konten hiburan di media televisi nasional

Kini, lagu yang berasal dari Pematangsiantar tentang menyantap makanan dengan sayur kol tersebut menjadi media kampanye kepolisian untuk mencegah berita bohong atau hoaks berkembang di masyarakat.

Adalah aparat polisi dari Polres Gowa yang mengubah lirik lagu Sayur Kol menyerempet kasus hoaks yang sedang dialami terdakwa sekaligus mantan Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ratna Sarumpaet.

Diubah lirik Sayur Kol tidak diikuti pergantian nada lagu. Jika didengarkan, nada tembang mengalun dengan lirik yang mudah dicerna.

Polres Gowa mempopulerkan lagu cover tangkal hoaks itu lewat video kocak yang diunggah di akun resmi Youtubenya, Polres Gowa. Tak hanya nyanyian, lagu cover itu diiringi video clip yang menampilkan keunikan instansi kepolisan mencegah masyarakat melanggar hukum.

Video yang diposting Polres Gowa itu berjudul Video Kreatif Polres Gowa Ajak Kita Lawan Komplotan Hoax "Tante Ratne". Berdurasi 2 menit 50 detik, video itu diawali cuplikan kasus terdakwa berita hoaks, Ratna Sarumpaet.

Sepanjang lagu cover itu juga menyenggol kasus ibunda Atiqah Hasiholan diikuti pencegahan hoaks.

Dalam video kocak tersebut terdapat adegan hampir seluruh anggota Polres Gowa, Sulawesi Selatan, berbaris manortor (menari) gembira di halaman depan Mapolres Gowa. Berikut lirik lengkap cover lagu Sayur Kol dalam video kocak Polres Gowa.

Masih ingatkah engkau si Tante Ratna

Saat Viral di Media Sosial

Yang ngakunya sudah dibogem mentah

Namun faktanya, hanyalah bohongan

Untung saja Pak Polisi bekerja

Menyadarkan kita semua

Di ajaknya kita lebih waspada

Janganlah mudah sharing berita

Berita bohong berita bohong berita bohong

Mari bersatu lawan berita hoaks

Berita bohong berita bohong berita bohong

Bersama maju, lawan berita hoaks


Berita terkait
0
Longsor Tebing di Salaman Magelang Intai 33 Jiwa
Tebing longsor di Salaman, Magelang mengancam 33 warga di bawahnya. Opsi relokasi disiapkan.