UNTUK INDONESIA

Vaksin Sinovac Tiba di Gudang Biofarma Bandung

Sebanyak 1,8 juta vaksin Sinovac asal China telah tiba di Gudang Biofarma, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 31 Desember 2020.
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Tagar/healthwatchsouthtyneside.co.uk)

Jakarta - Sebanyak 1,8 juta vaksin Sinovac asal China telah tiba di Gudang Biofarma, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 31 Desember 2020. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan, pihaknya beserta TNI dan Polri telah menjamin keamanan vaksin tersebut.

"Pak Kapolda melaporkan pukul 18.00 WIB, paket vaksin telah sampai ke Gudang Biofarma, dikawal kepolisian dan TNI," ujar Ridwan Kamil dalam keterangannya melalui siaran pers, dikutip Tagar, Jumat, 1 Desember 2021.

Ridwan Kamil mengatakan, pemerintah tidak akan main-main dalam mengamankannya karena vaksin Sinovac menjadi bahan utama untuk menangani kasus Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, saat ini Biofarma menjadi salah satu instrumen vital. Oleh karena itu, pengamanan dilakukan secara ketat.

Paket vaksin telah sampai ke Gudang Biofarma, dikawal kepolisian dan TNI.

"Jadi tidak hanya satpam Biofarma, tetapi di sana juga ada polisi dan TNI untuk memastikan barang itu tidak ada gangguan dalam proses perjalanan maupun penyimpanan di gudang. Itu jaminan kita," ungkap Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Pangdam Jaya bersama Kakorlantas juga telah melakukan pemantauan proses pemindahan vaksin Sinovac dari pesawat di Bandara Soekarno Hatta menuju truk-truk yang telah disiapkan.

Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Sinovac produksi farmasi asal China tersebut disimpan dalam sebelas kotak dengan menggunakan sistem pendingin khusus. Kotak yang berisi vaksin Sinovac tersebut diangkut menggunakan empat truk kontainer.

Sejumlah 1.168 personil dari tim gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengawal perjalanan vaksin tersebut menuju Gudang Biofarma, Bandung, Jawa Barat.

Vaksin Sinovac tersebut menjadi tahap kedua setelah 1,2 juta dosis vaksin Sinovac tahap pertama mendarat di Indonesia pada Minggu, 6 Desember 2020. [] (Amalia Amriati Fajri)

Berita terkait
Jokowi Ingatkan Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Januari 2021
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan, pada pertengahan Januari 2021 ini, pemerintah akan melakukan vaksinasi massal corona Covid-19.
Penggunaan Darurat Vaksin Pfizer-BioNTech Diizinkan WHO
Organisasi Kesehatan Dunia PBB (World Health Organization/WHO), 31 Desember 2020, izinkan penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech
Penjelasan Menkes soal Vaksin Covid-19 untuk Lansia
Menteri Kesehatan menjelaskan bahwa pemberian vaksin kepada masyarakat terdapat beberapa tahap, dan hal tersebut berlaku untuk usia lanjut.
0
Vaksin Sinovac Tiba di Gudang Biofarma Bandung
Sebanyak 1,8 juta vaksin Sinovac asal China telah tiba di Gudang Biofarma, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 31 Desember 2020.