Vaksin Pfizer untuk Pasien Komorbid di RSUD Kab. Tangerang

Menurutnya, berdasarkan penelitian bahwa vaksin Pfizer tergolong aman untuk diberikan kepada pasien komorbid mau pun masyarakat umum.
Vaksin Covid-19 produksi Pfizer-BioNTech (Foto: Dok/voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta - Dokter Spesialis Penyakit RSUD Kabupaten Tangerang, Edi Sangsaragi, mengatakan, pihaknya tengah melaksanakan program vaksinasi COVID-19 menggunakan Pfizer untuk pasien dengan komorbid seperti thalasemia, hemofilia dan penyintas kanker.

"Programnya telah dimulai dari kemarin sampai sebulan ke depan, mereka yang memiliki penyakit seperti thalasemia, hemofilia, kanker, HIV, jantung, dan lainnya bisa mendapatkan vaksinasi di RSUD Kabupaten Tangerang," kata Edi, dilansir Antara, Selasa, 31 Agustus 2021.

Ia mengatakan penyuntikan vaksin Pfizer ini baru dimulai pada Senin (30/8) dengan jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 300 dosis per harinya.

Selain itu, lanjut Edi, dalam pelaksanaannya RSUD Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan komunitas kanker, thalasemia dan penyakit lainnya untuk mendatakan pasien yang memiliki penyakit tersebut.

Kemudian, pihaknya pun menargetkan ribuan warga kormorbid bisa mendapat vaksinasi COVID-19 jenis Pfizer di RSUD Kabupaten Tangerang.

"Tiap hari itu ada 20 pasien thalasemia, targetnya seluruh pasien yang punya penyakit penyerta bisa divaksinasi semua," katanya.

Ia menjelaskan syarat untuk mendapatkan vaksin Pfizer itu bagi pasien thalasemia dipastikan tidak mengalami demam dalam kurun waktu tiga hari terakhir, dan Hemoglobinnya tidak drop.

Sementara pada pasien hemofilia, beberapa menit sebelum dilakukan vaksin, harus terlebih dahulu disuntikkan obat agar tidak terjadi pembekuan darah pasca-vaksinasi.

"Untuk pasien kanker dipastikan mereka tidak sedang minum obat, tidak sedang menjalani treatmen penyembuhan atau kemoterapi, dan juga hanya dalam masa kontrol untuk mengendalikan kankernya itu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Vaksinasi COVID-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Serita Ginting menambahkan, bahwa calon penerima vaksin menggunakan Pfizer di rumah sakit tersebut menyasar pasien komorbid dan juga masyarakat umum.

Bagi para calon penerima vaksin harus terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui situs resmi RSUD Kabupaten Tangerang di https://rsud-tangerangkab.id.


Programnya telah dimulai dari kemarin sampai sebulan ke depan, mereka yang memiliki penyakit seperti thalasemia, hemofilia, kanker, HIV, jantung, dan lainnya bisa mendapatkan vaksinasi di RSUD Kabupaten Tangerang.


"Untuk sasaran vaksinasi mendaftar lewat link rumah sakit. Sasaran kita hari ini ada 300 orang," tuturnya.

Menurutnya, berdasarkan penelitian bahwa vaksin Pfizer tergolong aman untuk diberikan kepada pasien komorbid mau pun masyarakat umum.

"Pfizer itu untuk yang punya komorbid dan lain-lain juga aman. Tapi, dengan catatan kondisinya (peserta vaksinasi) terkontrol," ujarnya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
MUI Nyatakan AstraZeneca dan Pfizer Boleh Digunakan
Wakil Ketua Dewan Halal Nasional MUI, Nadratuzzaman Hosen menegaskan masyarakat diminta tidak khawatir untuk mendapatkan vaksin tersebut.
Australia Setujui Vaksin Covid-19 Pfizer Bagi Anak di Atas 12 Tahun
Regulator obat Australia telah menyetujui penggunaan vaksin Pfizer untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun
Biden Puji FDA yang Setuju Pemakaian Vaksin Covid-19 Pfizer
Presiden Joe Biden menyambut baik disetujuinya secara penuh vaksin Covid-19 buatan Pfizer oleh Badan Pangan dan Obat Amerika (FDA)
0
Vaksin Pfizer untuk Pasien Komorbid di RSUD Kab. Tangerang
Menurutnya, berdasarkan penelitian bahwa vaksin Pfizer tergolong aman untuk diberikan kepada pasien komorbid mau pun masyarakat umum.