UNTUK INDONESIA

Vaksin Covid-19 Tiba di Sumut, Vaksinasi Mulai 14 Januari

Vaksin Covid-19 tiba di Sumut lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. Vaksin tiba Selasa, 5 Januari 2021 pagi.
Personel Brimob Polda Sumut mengawal penjemputan vaksin Covid-19 Sinovac yang tiba di Sumut. (Foto: Tagar/Andi Nasution).

Medan - Vaksin Covid-19 tiba di Sumut lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. Vaksin tiba Selasa, 5 Januari 2021 pagi dan dikawal personel Brimob Polda Sumut dengan bersenjata lengkap. Vaksin dibawa ke gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Sumut.

Dalam perjalanannya vaksin Sinovac dari bandara, terlebih dahulu dibawa ke Posko Covid-19 Sumut dan langsung diterima Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, sebelum kemudian disimpan di gudang Dinas Kesehatan.

Pengawalan vaksin tersebut dipimpin Danden Gegana Satuan Brimob Polda Sumut Komisaris Hendriyanto dengan melibatkan 23 personel dan menurunkan satu mobil Wolf, satu mobil Commodo, satu mobil Toyota Hiace KBR, satu mobil EOD Jibom, dan mobil Double Cabin.

Usai menerima vaksin di Posko Satgas Covid-19 yang juga rumah dinasnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, program vaksinasi tahap pertama dijadwalkan mulai 14 Januari 2021.

Yang pertama kali mendapatkan vaksin tenaga kesehatan, semuanya tenaga kesehatan

"Ada 40 ribu vaksin yang tiba hari ini. Tanggal 14 sudah harus mulai vaksinasi," ujar Edy Rahmayadi.

Baca juga:

Menurut Edy, kebutuhan untuk seluruh kabupaten/kota di Sumut harusnya mencapai 72.400 sesuai yang diajukan ke pemerintah pusat. Namun, Pemprov Sumut baru menerima sebanyak 40 ribu dosis.

"Yang ada sekarang 40 ribu. Ini nanti akan diatur oleh Kepala Dinas Kesehatan, fokus kepada orang-orang yang menangani kontak langsung dengan pasien corona di rumah sakit," tegas Edy.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit mengakui, vaksin yang tiba akan difokuskan kepada tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Sedangkan untuk lokasi vaksinasi, masih dalam proses pertimbangan.

"Yang pertama kali mendapatkan vaksin tenaga kesehatan, semuanya tenaga kesehatan. Untuk tempat kita belum sampai kesitu, nanti, yang pasti di tempat yang memang ditunjuk tempat vaksin," katanya. []

Berita terkait
Vaksin Sinovac Tiba di Yogyakarta
Vaksin Sinovac tiba di Yogyakarta, Pagi 5 Januari 2021. Nantinya vaksin pertama dikhususkan untuk petugas medis.
Jepang Percepat Vaksin dan Pertimbangkan Keadaan Darurat
PM Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan persetujuan vaksin sedang dipercepat dan kontrol perbatasan ditingkatkan untuk mengekang virus corona
1,2 Juta Vaksin Coronavac Lulus Uji Sertifikasi Lot Release
Sertifikat Lot Release ialah persyaratan penting yang harus dipenuhi dalam memastikan kualitas vaksin.
0
Vaksin Covid-19 Tiba di Sumut, Vaksinasi Mulai 14 Januari
Vaksin Covid-19 tiba di Sumut lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. Vaksin tiba Selasa, 5 Januari 2021 pagi.