UNTUK INDONESIA

40 Ribu Sinovac Tiba di Sumut, Siap-siap Terima SMS Vaksinasi

Warga Sumut akan mendapatkan short message service (SMS) atau pesan singkat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 Sinovac.
Ketua III Bidang Operasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Alwi Hasibuan.(Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Warga Sumatera Utara akan mendapatkan short message service (SMS) atau pesan singkat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 Sinovac. Vaksin tiba Selasa, 5 Januari 2021 pagi di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Hasibuan menyebutkan, jumlah vaksin yang diterima Sumut sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. Jumlahnya sekitar 40 ribu dosis dan nantinya akan disimpan di gudang Dinas Kesehatan Sumut.

"Sekitar 40 ribu vaksin Sinovac tiba hari ini di Bandara Kualanamu. Kami dikawal personel Polda Sumut, akan menjemputnya ke bandara," ujar Alwi.

Untuk skema pembagian vaksin ini, menurut Alwi, penerima vaksin datanya diperoleh dari BPJS Kesehatan dan BPJS Tenaga Kerja.

Untuk jadwal vaksinasi memang belum ada kepastian, tapi kemungkinannya pertengahan Januari ini

"Kami nggak ngajukan, ikut petunjuk dari pusat. By sistem, seperti tenaga kesehatan berapa yang diminta ya segitu kami kirimkan. Mereka dapat datanya dari BPJS, data tentang peserta JKN dan komorbid. Kemudian dari operator seluler, lalu data pekerja dari BPJS Tenaga Kerja. Kemudian diolah oleh KPC PEN, dari situ kami di-sms," terangnya.

Baca juga: 

Masyarakat penerima vaksin, sambungnya, akan mendapatkan SMS. "Masyarakat yang mendapat SMS ini nanti membuka aplikasi peduli lindungi. Nanti akan dapat jawaban, apakah termasuk yang akan mendapatkan vaksin atau tidak," ujarnya.

Saat ini, tambah Alwi, ada 1.500 tenaga vaksinator di Sumut yang siap melakukan vaksinasi. Bahkan, Dinas Kesehatan Sumut akan mengirimkan lagi tenaga kesehatan untuk mengikuti pelatihan vaksinasi tersebut.

"Untuk jadwal vaksinasi memang belum ada kepastian, tapi kemungkinannya pertengahan Januari ini," tutupnya. []

Berita terkait
Paluta Sumut Buka Sekolah, Daerah Lain Tunggu Edy Rahmayadi
Padanglawas Utara (Paluta) sudah membuka sekolah untuk belajar tatap muka. Daerah lain tunggu persetujuan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.
Sekolah Tatap Muka di Sumut Belum Jelas, Ini Kata Edy Rahmayadi
Akibat pandemi Covid-19, rencana sekolah tatap muka di Sumatera Utara ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Besok 40 Ribu Vaksin Corona Tiba di Bandara Kualanamu Sumut
Sumut mendapat jatah vaksin Covid-19 sebanyak 40.000. Rencananya Selasa, 5 Januari 2021 tiba di Bandara Kualanamu Deli Serdang.
0
40 Ribu Sinovac Tiba di Sumut, Siap-siap Terima SMS Vaksinasi
Warga Sumut akan mendapatkan short message service (SMS) atau pesan singkat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 Sinovac.