Usulan Guru ke Pemerintah: Percepat Pembelajaran Tatap Muka

Para guru juga dituntut untuk melakukan terobosan dan invonasi dalam memberikan materi ajar agar para siswa dapat belajar lebih menyenangkan
Pembelajaran Tatap Muka. (Foto: Dok. Kemdikbud)

Jakarta - Guru SMP BPK 1 Penabur Jakarta Pusat, Keke Taruli Aritonang mengusulkan kepada pemerintah agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) segera dipercepat. Pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring.

"Usulannya sih paling dipercepat saja untuk sekolah tatap muka lagi., kalau ke pemerintah sih tidak ada lagi ya, karena sejauh ini pemerintah juga sudah memberikan yang terbaik ke para pengajarnya," kata Keke kepada Tagar, Rabu, 4 Agustus 2021.

Keke menegaskan, mengenai ketersediaan buku bacaan selama proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejauh ini belum mengalami kendala yang signifikan. Para siswa diberi kemudahan untuk mengakses materi secara digital.

"Kalau terkait buku kita tidak pernah mengalami keterbatasan ya, karena semua anak bisa mengakses e-book lansung dari link yang sudah disediakan sekolah. Semua buku apapun itu ada dan lengkap semua sejauh ini," ujar guru bahasa Inggris ini.

Para guru, lanjut Keke, juga dituntut untuk melakukan terobosan dan invonasi dalam memberikan materi ajar agar siswa dapat belajar lebih menyenangkan terutama dalam meningkatkan literasi di masa pandemi.


Kalau terkait buku kita tidak pernah mengalami keterbatasan ya, karena semua anak bisa mengakses e-book lansung dari link yang sudah disediakan sekolah.


"Karena background saya senang menuli, jadi kalo misalkan inovasi kreasi kita sesuai aturan, metode, kita punya proyek pembelajaran namanya. Pembelajaran sociopreneurship untuk kelas 8 tahun ini, seperti proyek kegiatan sosial, kalau tahun lalu entrepreneurship. Jadi mereka berkreasi sendiri, berkelompok, presentasi," ujarnya.

"Kalau di bidang studi saya, paling saya menyuruh menulis berita. Menulis beritanya itu berdasarkan foto kegiatan, entah itu kegiatan Zoom selama pembelajaran, entah itu kegiatan mereka dirumah, atau apapunlah," ujarnya. []


Baca Juga: Guru Harus Prioritaskan Kondisi Sosial dan Emosional Siswa

(Christina Butarbutar)


Berita terkait
Guru: Pembelajaran Tatap Muka Lebih Efektif untuk Siswa
Ada beberapa perbedaan dalam penerapan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 dibanding sebelumnya.
Cara Guru SMAN 1 Subang Tingkatkan Literasi Siswa Selama PJJ
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh mengakibatkan terjadinya penurunan minat dan kemampuan literasi (literacy loss).
Guru: PJJ Membuat Siswa Lebih Leluasa Bereksplorasi
Para siswa punya peluang yang sangat luas melakukan ekspolorasi mencari sumber pengetahuan secara digital.
0
Sanksi Tilang Ganjil Genap Berlaku Mulai 1 September 2021
Polda Metro Jaya akan menerapkan sanksi tilang bagi pelanggar ganjil genap di beberapa ruas jalan ibu kota mulai besok, 1 September 2021.