UNTUK INDONESIA
Ustaz Abdul Somad Sebut Facebook Haram? Cek Faktanya
Poster Ustaz Abdul Somad dengan tulisan "FACEBOOK HARAM" dibagikan seorang pengguna Facebook, dan sudah menyebar ke mana-mana.
Ustaz Abdul Somad (UAS). (Foto: Instagram/ustadzabdulsomad_official/)

Jakarta - Poster Ustaz Abdul Somad dengan tulisan "FACEBOOK HARAM" dibagikan seorang pengguna Facebook, dan sudah menyebar ke mana-mana.

Poster berlatar biru tersebut turut dibubuhi potongan tulisan sebagai berikut: 

"Karena dibuat oleh kafir untuk merusak iman Islam".

Selain poster, termuat pula narasi tentang larangan menulis status di wall (kolom tempat menuliskan keterangan di Facebook). 

"Menulis status di wall menyerupai Tembok Ratapan kaum Yahudi," demikian tulisan dalam poster tersebut.

Benarkah Ustaz Abdul Somad berkata demikian?

Hoaks Abdul SomadTangkapan layar hoaks pernyataan UAS soal Facebook haram. (Foto: Antara/Facebook)

Cek Fakta

Dikutip dari Antara, Kamis, 10 September 2020, poster yang menampilkan Ustaz Abdul Somad itu telah mengalami penyuntingan atau editing dari poster asli. 

Poster asli yang menampilkan penceramah asal Sumatera Utara itu pernah dimuat oleh situs berita online lokal Serambinews.com pada 31 Desember 2018. 

Poster asli dengan tulisan yang berbeda tampil dalam berita berjudul "Nasehat Ustaz Abdul Somad untuk Anak Muda di Malam Tahun Baru 2019: Jangan Keluyuran, Minum Antimo". 

Dalam poster asli di Serambinews.com, tampak pesan terkait perayaan malam Tahun Baru 2019 dan bukan tentang penggunaan media sosial Facebook. 

Dengan demikian, narasi poster yang menampilkan Ustaz Abdul Somad di Facebook itu telah direkayasa dengan dibubuhi informasi palsu alias hoaks.[]

Abdul SomadFoto UAS di poster yang termuat di berita Serambinews.com (Foto: Antara/Serambinews.com)

Berita terkait
Benarkah Premium-Pertalite akan Dihapus? Cek Di Sini
Tidak sedikit media massa memberitakan tentang rencana Pertamina akan menghapus atau menghilangkan BBM jenis Premium dan Pertlite.
Pakai Peci dan Sarung, Rocky Gerung Pindah Agama?
Sejumlah foto Rocky Gerung memakai peci dan sarung sedang berada di atas podium beredar luas di media sosial.
Cek Fakta: Benarkah Ahok Bakal Gantikan Erick Thohir
Benarkah Ahok menggantikan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju seperti yang tengah viral belakangan ini?
0
Ustaz Abdul Somad Sebut Facebook Haram? Cek Faktanya
Poster Ustaz Abdul Somad dengan tulisan "FACEBOOK HARAM" dibagikan seorang pengguna Facebook, dan sudah menyebar ke mana-mana.