Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto mengatakan tidak akan ada lagi masa kontestasi politik setelah KPU RI menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai pasangan calon terpilih dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI (Pilpres) 2019.

"Yang ada adalah bersama membangun negeri," katanya ditemui di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 30 Juni 2019, dilansir dari Antara.

Semua pihak, lanjut Hasto, perlu bekerja sama untuk membangun bangsa dan negara sesuai dengan semangat gotong royong sebagai intisari Pancasila. Penetapan Jokowi-Ma'ruf sebagai pasangan calon terpilih dalam Pilpres 2019 menjadi barometer bahwasannya seluruh tahapan pemilu sudah selesai.

Yang ada adalah bersama membangun negeri.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan itu menyatakan Jokowi dan Ma'ruf Amin telah menjadi presiden dan wakil presiden kita semua Indonesia raya.

Kealpaan Prabowo Biasa

Lebih lanjut, mengenai ketidakhadiran Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hasto menerangkan kalau hal tersebut merupakan proses yang sudah biasa terjadi.

"Itu sebagai sebuah proses yang biasa terjadi karena ini menunjukkan kualitas demokrasi kita," katanya.

KPU mengadakan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih dengan mengundang perwakilan lembaga penyelenggara pemilu, kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian, partai politik, serta kedua pasangan calon peserta Pilpres 2019. 

Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin hadir pada penetapan itu. []

Baca juga: