UNTUK INDONESIA
Update Corona di Aceh, 30 Negatif, 1 Pasien Positif
Jumlah pasien Covid-19 di Provinsi Aceh terus bertambah. Bahkan sudah ada 1 orang yang dinyatakan positif corona.
Jubir Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani (kanan) sedang menyampaikan keterangan tentang pasien PDP corona yang meninggal dunia di RSUDZA Banda Aceh, Aceh, Senin, 23 Maret 2020 (Foto: Tagar/Rahmat Fajri)

Banda Aceh - Sejauh ini, jumlah pasien Covid-19 di Provinsi Aceh terus bertambah, baik dengan status orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalan pengawasan (PDP), negatif maupun yang positif corona.

Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, sampai hari ini sudah ada 1 orang yang dinyatakan positif corona, yakni pasien berinisial AA yang meninggal pada, Senin, 23 Maret 2020.

Sementara PDP yang meninggal kemarin, Rabu 25 Maret 2020. Belum ada hasil pemeriksaan spesimennya dari laboratorium Balitbang Kemenkes RI. Artinya, baru 1 orang yang disimpulkan positif.

 Totalnya sudah 40 PDP, yang sudah pulang 34 orang, dalam perawatan 5 orang, 1 pasien meninggal.

Kemudian, SAG menyebutkan, untuk pasien yang dinyatakan negatif Covid-19 di Aceh, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium sudah mencapai 30 orang.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa SAG itu menyampaikan, untuk jumlah ODP juga terus meningkat, dari sebelumnya 219, kini totalnya mencapai 226 ODP yang tersebar di 23 kabupaten/kota se Aceh.

"Sedangkan total PDP hingga Kamis 26 Maret 2020 bertambah lagi, totalnya sudah 40 PDP, yang sudah pulang 34 orang, dalam perawatan 5 orang, 1 pasien meninggal," kata SAG lewat video conference, Kamis, 26 Maret 2020.

SAG menuturkan, PDP yang masih dirawat tersebut, 1 pasien di RSUD Cut Mutia Lhokseumawe, sementara 4 PDP lainnya di RSUD dr Zainal Abidin Banda Aceh.

Dalam kesempatan ini, SAG juga menyampaikan, PDP yang meninggal dunia dalam perawatan di Respiratory Intensive Care Unit (RICU) Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Rabu 25 Maret 2020 kemarin berinisial EY (43), warga Aceh Utara.

Kata SAG, EY memiliki riwayat tinggal di daerah transmisi virus corona. Ia warga Aceh Utara yang pulang dari Malaysia. Hasil pemeriksaan ditemukan gambaran pneumonia dan memenuhi kriteria sebagai PDP.

"Karena itu, ia ditangani sesuai SOP Covid-19 di RICU RSUZA Banda Aceh, hingga meninggal dunia karena gagal nafas akibat pneumonia, urai SAG setelah mengumpulkan informasi di Posko Covid-19 Dinkes Aceh," tutur SAG. []

Berita terkait
Pasien PDP yang Meninggal di Aceh Positif Corona
Seorang Pasien dalam pengawasan (PDP) pertama yang meninggal dunia di Aceh positif terpapar virus corona (Covid-19).
Undang 2.400 Tamu, Warga Aceh Batal Resepsi Nikah
Seorang warga Kota Lhokseumawe, Aceh, Riza Mirza batal menggelar resepsi pernikahannya untuk mencegah virus corona atau Covid-19.
Aceh Distribusi 336 APD, Pasien ODP Bertambah Lagi
Pasien ODP di Aceh bertambah 23 orang dibandingkan data sebelumnya sebanyak 193 orang. Kini menjadi 216 orang.
0
Update Corona di Aceh, 30 Negatif, 1 Pasien Positif
Jumlah pasien Covid-19 di Provinsi Aceh terus bertambah. Bahkan sudah ada 1 orang yang dinyatakan positif corona.