UNTUK INDONESIA
Untuk Corona RSUP HAM Medan Sediakan 11 Ruangan
Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, siapkan 11 ruang isolasi untuk menangani pasien terinfeksi virus corona Covid-19.
Kasubbag Humas RSUP Haji Adam Malik Medan, Rosario Dorothy Simanjuntak ketika ditemui Tagar di ruangan kerjanya, Selasa, 3 Maret 2020. (Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara, adalah satu dari 100 rumah sakit yang dirujuk pemerintah pusat untuk menangani pasien terinfeksi virus corona Covid-19.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat RSUP Haji Adam Malik Medan Rosario Dorothy Simanjuntak, ketika ditemui Tagar di ruangan kerjanya, Selasa, 3 Maret 2020, menyebut manajemen rumah sakit telah menyiapkan 11 ruangan khusus menangani pasien suspek Covid-19.

Adapun 11 ruangan isolasi ini disediakan di dalam satu gedung tersendiri, jauh dari pasien lainnya.

"Misalnya kalau pasien perlu peralatan rontgen portabel dan lainnya itu sudah ada. Selain itu, peralatan ini sudah ada sejak dulu, jauh sebelum rumah sakit ini ditunjuk untuk rujukan penanganan suspek virus corona," kata Rossa.

Rumah sakit juga telah mempersiapkan tim dokter. "Tim dokter yang khusus menangani Covid-19 namanya Pinere yaitu tim yang menangani penyakit infeksi new emerging dan re-emerging," ungkap Rossa.

RSUP Haji Adam Malik Medan ini satu-satunya rumah sakit tipe A di Sumatera Utara, rumah sakit rujukan

Tim Pinere dibentuk bukan karena virus Covid-19 merebak. Nama tim ini telah ada sejak tahun 2007, untuk menangani virus flu burung.

RSUP Haji Adam MalikRuangan Isolasi khusus disediakan untuk penanganan pasien suspek virus corona atau Covid-19. (Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

"Tim Pinere bukan hanya menangani corona atau Covid 19. Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging semua mereka tangani, misalnya difteri, flu burung, jadi sudah lama tim itu ada, peralatan ini juga sudah ada, peralatan ini juga bukan peralatan baru untuk menangani Covid-19," katanya.

Disebutkan, sejauh ini belum ada pasien yang terkena virus tersebut dirawat di RSUP Haji Adam Malik. "RSUP Haji Adam Malik memang sudah siap, walaupun sampai saat ini belum ada perawatan terhadap pasien ini," katanya.

RS Tipe A

Ada beberapa faktor mengapa RSUP Haji Adam Malik ditunjuk pemerintah pusat untuk penanganan virus corona. Menurut Rossa, rumah sakit ini adalah satu-satunya bertipe A di Sumatera Utara.

"Iya, menurut saya kenapa ditunjuk, mungkin karena RSUP Haji Adam Malik Medan ini satu-satunya rumah sakit tipe A di Sumatera Utara, rumah sakit rujukan," ujarnya.

Disebut rumah sakit tipe A karena sarana dan prasarana paling lengkap, dan sumber daya manusia juga paling lengkap. []

Berita terkait
Deteksi Virus Corona, Pemkot Makassar Bentuk TRC
Pemkot Makassar membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) di Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk mencegah penyebaran virus corona.
Moeldoko Melek Ada Episentrum Perubahan Virus Corona
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyatakan pemerintah berupaya untuk meningkatkan atensi terhadap penyebaran virus corona.
Dampak Virus Corona, Bulog Pastikan Stok Beras Aman
Perum Bulog memastikan stok beras nasional untuk sepanjang tahun ini berada dalam kondisi yang memadai.
0
Hidup Pasutri dan 13 Anak di Aceh Huni Gubuk Reyot
Kehidupan Bakhtiar Beni, yang tinggal bersama seorang istri dan 13 anak di gubuk reyot mengungkap potret kemiskinan masyarakat Provinsi Aceh.