Untuk Anak, Lebih Baik Asuransi atau Investasi?

Inflasi pendidikan di Indonesia bisa 15-20 persen. Bisa jadi 10 tahun lagi biaya pendidikan di Indonesia mengejar biaya pendidikan di Australia.
Investasi (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta – Financial Educator Lolita Setyawati mengatakan kebutuhan dana terbesar untuk seorang anak adalah dana pendidikan. Hal ini disebabkan pendidikan di Indonesia inflasinya bisa sampai 15-20 persen, sehingga bisa saja 10 tahun yang akan datang biaya pendidikan di Indonesia bisa mengejar biaya pendidikan di Australia.

Hal ini disampaikan Lolita dalam webinar Tagar.id yang bertema “Cermat Berasuransi Agar Tidak Merugi” dan “Cari Cuan Sambil Rebahan”. Webinar ini menyajikan dua sesi yang menghadirkan pembicara Cindy Xie, Lolita Setyawati, Aline Wiratmaja dan Olivia Louise pada sabtu, 20 November 2021.

“Biaya yang paling besar dalam dunia pendidikan ialah kuliah, karena kita tidak mungkin memberikan kuliah asal-asalan untuk anak, jadi dana tersebut harus sudah dipersiapkan dengan membuat tabungan pendidikan dan tidak harus berupa asuransi dan bisa dengan berinvestasi, karena hal itu dinilai lebih baik. Sebab, kita bisa mengukur sendiri berapa kebutuhannya dan memilih instrumen yang cocok dengan kita,” ujarnya.

Lolita juga memberitahu bahwa, perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengelola asuransi atau investasi sebaiknya Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik dan memiliki dana darurat Anda. Sebab hal itu merupakan hal yang penting sebelum mengelola asuransi dan investasi.

Lolita juga memberitahu golden rules dalam berasuransi, yaitu maksimal premi yang harus kita bayar setiap tahun merupakan 10 persen dari total penghasilan dan tidak lebih dari itu. Sebab, kita harus bisa memposisikan uang dengan baik untuk kebutuhan lainnya.

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga:

Berita terkait
Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
Biaya pendidikan tidak bisa dianggap sepele dan harus disiapkan semaksimal mungkin agar tidak keteteran saat waktunya tiba.
Inilah Alasan Mengapa Penting Memiliki Asuransi Pendidikan
Dengan mempersiapkan dana pendidikan anak sedari dini, Anda bisa menjamin kepastian pendidikan untuk anak Anda di masa depan.
Potensi dan Resiko Berinvestasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak
Dalam berinvestasi emas, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk menjualnya agar untung yang didapatkan maksimal.
0
Untuk Anak, Lebih Baik Asuransi atau Investasi?
Inflasi pendidikan di Indonesia bisa 15-20 persen. Bisa jadi 10 tahun lagi biaya pendidikan di Indonesia mengejar biaya pendidikan di Australia.