Pemerintah Kota Makassar

Pegiat UMKM Wulan Ayodya: Siapa Saja Bisa Jadi Pengusaha

Pegiat Wirausaha UMKM Wulan Ayodya mengatakan jika ingin memulai berwirausaha tidak perlu memiliki latar belakang pengusaha sebab siapapun bisa.
Pegiat Wirausaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Wulan Ayodya. (Foto: Tagar/instagram/@wulanayodya)

Jakarta – Pegiat Wirausaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Wulan Ayodya mengatakan jika ingin memulai berwirausaha tidak perlu memiliki orang tua yang mempunyai latar belakang seorang pengusaha. Siapapun bisa menjadi seorang pengusaha asal memiliki ketekunan yang tinggi dalam berwirausaha

“Wirausaha itu bisa siapapun menekuninya tidak mesti memiliki latar belakang orang tua seorang pengusaha. Wulan sering sekali memberikan edukasi pada banyak orang, kalau bisa wirausaha ini bisa dimulai sejak muda. Harus memotivasi diri memulai usaha sejak dini,” ucap Wulan Ayodya di kanal YouTube Tagar TV, dilihat, Selasa, 26 Oktober 2021.

Pada awal memulai usaha, ia berfikir gimana caranya agar bisa hidup untuk memenuhi kebutuhan sendiri dulu seperti untuk menambahkan uang jajan dan membantu bayar uang sekolah. Wulan memulai usahanya pertamanya dengan berjualan getuk sebanyak 30pcs pada kelas satu SMP.


Bahwa ketika kita memulai sebuah usaha atau berjualan dan kemudian belum sesuai dengan harapan seharusnya kita harus mencari tahu kenapa bisa tidak laku serta memperbaiki dan mengevaluasi.


Wulan AyodyaWulan Ayodya saat diwawancarai Siti Afifiyah di kanal YouTube Tagar TV. (Foto: Tagar/Ranu)

Namun usaha pertamanya gagal lantaran, kurangnya pembeli pada saat itu serta persaingan yang berat. Kemudian wulan mencoba berjualan agar-agar sebanyak 30 pcs juga dan dagangannya habis terjual pada saat itu. Dari situ Wulan mengatakan jika belum sesuai dengan yang di harapkan makan seharusnya mengevaluasi serta mencari tahu apa yang salah.

“Bahwa ketika kita memulai sebuah usaha atau berjualan dan kemudian belum sesuai dengan harapan, seharusnya kita harus mencari tahu kenapa bisa tidak laku serta memperbaiki dan mengevaluasi,” kata Wulan Ayodya.

Wulan sering sekali berdiskusi masalah usahanya dengan orang tuanya, yang sama-sama baru menjalani dunia usaha. Menurut Wulan, wirausaha bisa sebagai suatu pilihan profesi yang menjanjikan, apalagi jika ditekuni dari muda

Pada saat itu Wulan sudah mencoba puluhan jenis usaha mulai dari makanan, kuliner, fashion, accessories, dan lain-lainnya, sampai memilih bidang usaha seperti yang sekarang ini. Wulan mengaku bahwa dirinya sering ditipu berkali-kali oleh partnernya sendiri.

“Wirausaha dilakukan untuk orang yang kepepet, pada akhirnya tidak dapat kerja terus buka usaha. Sedangkan orang-orang yang berpotensi itu banyaknya memang tidak buka usaha justru malah memilih bidang pekerjaan, padahal wirausaha adalah salah satu profesi yang memang potensinya besar,” ujar Wulan Ayodya

Wulan mengatakan kebanyakan orang di indonesia banyak yang takut terkena resiko berwirausaha seperti mengalami kerugian. Wulan memberikan tips bagi orang-orang yang ragu untuk memulai membuka usaha.

“Pertama, pelan-pelan belajar mulai mengetahui ide-ide peluang usaha apa yang bisa dilakukan di sekitar. Kedua, mulai dari usaha yang kecil yang modalnya minim, karena resiko yang biasanya ditakuti adalah keluar modal namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Menurut Wulan, proses dalam berwirausaha tidak seperti orang bekerja yang memang ketika sebulan bekerja langsung terima gaji. Sedangkan wirausaha kadang memang dapat banyak kadang dapat sedikit.

Wulan menyarankan, mesti menyadari proses juga ketika mau berwirausaha tidak seperti orang gajian jadi jangan dibandingkan ketika memulai usaha. Memang awalnya usaha itu belum bisa sama seperti orang bekerja, tapi kalau ditekuni dan terus di proses akan bisa lebih besar dari pada gaji seeorang yang bekerja.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Upaya TP PKK Kota Makassar Perdayakan UMKM
Dalam study comparative tersebut membahas tentang upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di masa pandemi.
Tingkatkan Produktivitas, PLN Bantu Mesin Produksi UMKM
PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) memberikan bantuan TJSL kepada salah satu kelompok UMKM Opak di Desa Karedok.
Puan Maharani Dukung Transformasi Digital bagi UMKM
ketua DPR RI Puan Maharani mendukung akselerasi transformasi digital bagi pelaku UMKM yang diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi.
0
Pegiat UMKM Wulan Ayodya: Siapa Saja Bisa Jadi Pengusaha
Pegiat Wirausaha UMKM Wulan Ayodya mengatakan jika ingin memulai berwirausaha tidak perlu memiliki latar belakang pengusaha sebab siapapun bisa.