UNTUK INDONESIA
Universitas di Inggris Tempat Reynhard Sinaga Kuliah
Reynhard Sinaga divonis seumur hidup oleh pengadilan Manchester karena memperkosa pria. Tak disangka berhasil lulus dari universitas di Inggris.
Reynhard Sinaga. (Foto: Instagram/Reynhard Sinaga)

Jakarta - Reynhard Sinaga asal Indonesia yang tinggal di Inggris, tiba-tiba menyedot perhatian publik. Pasalnya, putra Batak ini divonis seumur hidup oleh Pengadilan Manchester, Inggris karena terbukti memperkosa 48 orang pria muda. Siapa sangka ia berhasil lulus dari Universitas Indonesia (UI) hingga dua Universitas ternama di Inggris.

Hal itu mencuat kehadapan publik ketika pihak berwenang di Inggris menemukan 195 rekaman video dan sekitar 300.000 foto di dalam telepon seluler Reynhard yang menunjukkan dirinya melakukan pemerkosaan.  

Meski melihat perbuatannya yang bejat, siapa sangka pria kelahiran Jambi, Sumatera pada 19 februari 1983 itu, lulus dari pendidikan sarjana di universitas kenamaan di Tanah Air dan Luar Negeri.

Anak pertama dari pasangan Saibun Sinaga dan Normawati Silaen itu menyelesaikan S1 nya di UI angkatan 2002 jurusan Arsitektur. Kemudian, ia dinyatakan lulus setelah empat tahun tepatnya, 2006 silam.

Dan selepas lulus, alumni SMAN 1 Depok itu kemudian menempuh pendidikan S2 di Manchester University dengan mengambil jurusan Sosiologi. Merasa belum puas, pria berusia 36 tahun itu kembali lanjut kuliah S3 di negara yang sama, tetapi di universitas yang berbeda yaitu, Universitas Leeds jurusan Human Geography, Inggris.

Perlu diketahui, Universitas Leeds adalah salah satu perguruan tinggi utama di Leeds, West Yorkshire, Inggris. Bahkan, menjadi universitas terbesar kedua di Britania Raya.

Tak hanya itu, universitas yang merupakan anggota Russel Group sejak 2008 silam sangat tersohor di penjuru dunia. Tak heran, jika kampus ini berhasil melahirkan tokoh ternama di dunia seperti, Nambaryn Enkhbayar yang merupakan perdana Menteri Mongolia pada tahun 2000-2004, Ketua Parlemen (2004-2005), hingga menjabat sebagai Presiden Mongolia periode 2005-2009.

Ada juga Mark Freuder Knopfler yang dikenal sebagai seorang gitaris, penyanyi, dan penulis lagu untuk band rock Dire Straits. Selanjutnya, George Porter, Baron Porter of Luddenham seorang kimiawan Britania Raya yang berhasil meraih Nobel Kimia.

Sedangkan, Manchester University, menurut Times Higher Education World University Ranking menduduki peringkat ke-55 di dunia. Sementara untuk wilayah United Kingdom (UK), universitas ini berada di urutan ke-8.

Dengan begitu, tak heran bila kampus yang telah berdiri sejak 1824 itu sukses menelurkan sejumlah tokoh terpandang di dunia seperti, Benedict Cumberbatch yang merupakan aktor pemeran detektif Sherlock dalam film Sherlock Holmes.

Selain itu, ada juga Alan Turing, ilmuwan yang kisah hidupnya diceritakan dalam film berjudul Imitation Game.

Tak hanya orang luar negeri, orang Indonesia juga ada yang lulus dari Manchester University, yaitu penyanyi solo Vidi Aldiano yang mengambil jurusan Innovation Management and Entrepreneurship 2013 silam.

Baca juga:

Berita terkait
Komunitas Gay Komentari Kasus Reynhard Sinaga
Reynhard Sinaga seorang gay, mahasiswa Indonesia, memperkosa 159 sampai 190 pria Inggris. Ini komentar komunitas gay di Surabaya.
Universitas Indonesia Ogah Dikaitkan Reynhard Sinaga
Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia (UI) Dr. Rifelly Dewi Astuti meminta tidak dikaitkan dengan predator seks Reynhard Sinaga.
7 Fakta Reynhard Sinaga Pemangsa Pria Inggris
Pengadilan Inggris menjatuhkan vonis hukuman penjara seumur hidup kepada WNI Reynhard Sinaga. Berikut 7 fakta mengenai predator pemangsa pria itu.
0
DPO Kasus Curanmor, Pelajar Deli Serdang Ditangkap
Seorang pelajar SMA di Kabupaten Deli Serdang ditangkap setelah 10 bulan menjadi buronan pencurian sepeda motor.