UNTUK INDONESIA
Unik, Polantas Aceh Utara Bangunkan Warga Sahur
Ada cara unik dilakukan Polisi Lalu Lintas Polres Aceh Utara selama bulan Ramadan. Yakni membangunkan warga untuk sahur.
Anggota Polantas Polres Aceh Utara membangunkan warga sahur di Desa Meunasah Meunje, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Sabtu (11/5).(Foto Dok: Polres Aceh Utara/Tagar/Fahzian Aldevan).

Aceh Utara - Ada cara unik dilakukan Polisi Lalu Lintas Polres Aceh Utara selama bulan Ramadan. Yakni membangunkan warga untuk sahur dengan cara masuk ke kampung-kampung. Salah satunya di Desa Meunasah Meunje, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Kasatlantas Polres Aceh Utara Iptu Sandy Titah Nugraha mengatakan kegiatan ini sengaja dilaksanakan untuk membantu membangunkan warga untuk sahur serta mengimbau agar tertib berlalulintas.

Menurutnya, waktu memberikan pendidikan lalulintas yang paling baik itu adalah ketika saat bangun tidur karena tubuh masih dalam kondisi segar dan mampu menerima himbauan secara jernih.

Baca juga: Ibu dan Dua Anak Dibunuh Jelang Sahur di Aceh Utara

"Kami ingin masyarakat patuh secara kesadaran dari hati bukan dari paksaan. Kami melakukan kegiatan secara ikhlas dengan tujuan ibadah. Selain itu, kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa kepolisian konsisten memberikan pendidikan lalulintas dari bangun tidur, saat aktifitas rutin, dan bahkan saat hendak akan tidur kembali. Kiranya dapat membekas sehingga mengurangi angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Aceh Utara," kata Sandy saat dikonfirmasi, Sabtu 11 Mei 2019.

Kegiatan itu mendapat apresiasi dari masyarakat setempat sebab polisi yang biasanya tegas menindak pelanggaran di jalan, kini memberikan himbauan lalulintas secara humanis dan simpatik langsung dari pintu ke pintu rumah warga, serta mensosialisasikan samsat online.

Polres Aceh UtaraSelain membangunkan warga untuk sahur, personil Polres Aceh Utara juga membagi beras untuk kaum duafa. (Foto: Dok. Polres Aceh Utara/Fahzian Aldevan)

Tidak hanya itu, nampak petugas kepolisian menggendong sound dan microphone dan sebagian lagi menenteng beras yang mereka bagikan kepada beberapa kaum duafa dan warga yang membutuhkan. []


Berita terkait
0
Himasil Lhokseumawe Galang Dana Kebakaran Pesantren
Himasil Lhokseumawe melakukan aksi galang dana untuk korban musibah kebakaran Pesantren Al-Waliyah Darussalam, Aceh Selatan.