UNESCO Hapus Kota Venesia dari Daftar Situs Warisan Dunia

UNESCO menghapus Kota Venesia dari daftar warisan dunia lantaran kota tersebut terancam punah keputusan tersebut pun disambut baik oleh pemerintah.
Ilustrasi - UNESCO menghapus Kota Venesia dari daftar warisan dunia. (Foto: Tagar/Reuters)

Jakarta - Baru-baru ini UNESCO menghapus Kota Venesia dari daftar warisan dunia lantaran kota tersebut terancam punah. Keputusan tersebut pun disambut baik oleh pemerintah dan warga Venesia.

Berdasarkan Travel and Leisure, Komite Warisan Dunia UNESCO mengumumkan pada Kamis, 24 Juli 2021, bahwa Venesia tak lagi masuk daftar situs warisan dunia terancam punah setelah Italia secara resmi melarang kapal pesiar melewati kanalnya pada bulan lalu seperti dilaporkan Associated Press.

Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini menyambut baik keputusan itu. Ia juga memastikan pemerintah akan berupaya keras untuk menjaga Venesia.

"Negara akan bekerja untuk melindungi laguna dan mencari cara pembangunan berkelanjutan untuk lokasi unik ini," kata Franceschini dalam pernyataan resminya.

Komite Warisan Dunia juga meminta Italia menyusun rencana pembaruan tentang cara pemerintah akan melindungi Venesia dari ancaman lain, seperti membludaknya kunjungan turis (overtourism) dan penurunan populasi.

Paling lambat, Italia harus menyerahkan proposal pada Desember 2022 untuk jadi bahan pertimbangan pada pertemuan di 2023.

Sebelumnya, Venesia menjadi perhatian karena kota yang terkenal dengan laguna-laguna indahnya itu dimasukkan ke dalam daftar situs terancam punah oleh UNESCO pada bulan lalu. Dengan penetapan itu,Venesia terancam dihapus dari daftar situs warisan dunia.

UNESCO memasukkan Venesia ke dalam daftar tersebut karena menganggap Italia tak berupaya kuat melindungi kebudayaan, juga kekayaan artistik dan arsitektur Venesia.

Salah satu alasan terbesar UNESCO adalah kekhawatiran akan dampak kerusakan akibat kehadiran kapal-kapal pelayaran besar di Venesia yang begitu banyak.

Akhirnya, pejabat Italia pun melarang kapal dengan berat lebih dari 25 ribu ton memasuki St. Mark's Bassin di Venesia dan secara resmi Venesia lolos ancaman dicoret dari situs Warisan Dunia UNESCO. []

Berita terkait
Kondisi Situs Warisan Dunia UNESCO yang Terancam
Komite Warisan Dunia UNESCO terus memantau apakah situs tertentu layak untuk mempertahankan gelarnya
Couscous Jadi Kuliner Warisan Budaya Tak Benda UNESCO
Aljazair, Maroko, Tunisia, dan Mauritania yang mengusung hidangan couscous, akhirnya mendapatkan tempat di daftar Warisan Budaya Takbenda PBB
Kebaya Indonesia Didorong Jadi Warisan Budaya UNESCO
Busana tradisional asli Indonesia bernama kebaya akan didorong menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO.
0
UNESCO Hapus Kota Venesia dari Daftar Situs Warisan Dunia
UNESCO menghapus Kota Venesia dari daftar warisan dunia lantaran kota tersebut terancam punah keputusan tersebut pun disambut baik oleh pemerintah.