UNTUK INDONESIA
Umbar Optimisme dan Janji 2 Calon Bupati Banyuwangi
Pilkada Banyuwangi dipastikan Head to Head antara Ipuk-Sugirah dan Yusuf-Gus Riza. Keduanya langsung mengumbar optimisme menang di Pilkada.
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf-Gus Riza saat mendaftar di KPU Banyuwangi, Minggu, 6 September 2020. (Foto: Tagar/Hermawan)

Banyuwangi - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi hampir dipastikan hanya ada dua pasangan calon setelah mendaftar dan berkas dinyatakan lengkap oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi yakni Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah dan Yusuf Widiatmoko-Muhammad Riza Azizy.

Kedua paslon tersebut pun sudah mengumbar optimisme menang dan janji politik untuk menarik simpati warga di Pilkada Banyuwangi. Masing-masing paslon sudah menyiapkan strategi untuk saling mengalahkan di Pilkada Banyuwangi.

Kami tidak mematok harus berapa persen kemenangan kami. Yang jelas kami ingin mendapatkan perolehan suara semaksimal mungkin, kalau sampai 100 persen ya Alhamdulillah.

Calon Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko mengatakan meski sempat dukungan partai dari non parlemen berkuran, Wakil Bupati Banyuwangi ini tetapi optimis. Meski menargetkan menang di Pilkada Banyuwangi, Namun pihaknya tidak punya target khusus berapa besar jumlah suara didapatkan.

"Kami tidak mematok harus berapa persen kemenangan kami. Yang jelas kami ingin mendapatkan perolehan suara semaksimal mungkin, kalau sampai 100 persen ya Alhamdulillah," ujarnya.

Yusuf berjanji jika nantinya diberi amanah rakyat untuk memimpin Banyuwangi, akan menjabat hanya satu periode saja. Komitmen itu dia utarakan dengan tujuan agar ada regenerasi pimpinan di Banyuwangi. Dia juga menjamin tidak akan ada politik dinasti jika dia menjabat sebagai bupati Banyuwangi.

"Saya berjanji hanya menjabat satu periode saja jika saya terpilih. Ini demi memberikan kesempatan kepada kader lain untuk ikut membangun Banyuwangi ke depanya. Selain itu saya menjamin tidak akan ada politik dinasti nantinya, bahkan istri dan anak saya tidak saya perbolehkan untuk terjun ke politik," tambah Yusuf.

Optimisme dan umbar janji juga dilontarkan Ipuk-Sugirah. Ipuk mengaku optimis bisa menang di Pilkada Banyuwangi setelah mendapat dukungan dari lima partai politik.

Pilkada BanyuwangiPasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Ipuk-Sugirah saat mendaftar di KPU Banyuwangi. (Foto: Istimewa/Tagar/Hermawan)

"Dengan kekuatan 5 partai besar kami yakin bisa menang 80 persen," kata dia.

Sejumlah program juga dilemparkan Ipuk-Sugirah kepada masyarakat jika nantinya terpilih di Pilkada Banyuwangi. Ipuk-Sugirah mengusung program pemulihan dampak pandemi COVID-19, baik terkait kesehatan, sosial, maupun ekonomi.

"Dari aspek kesehatan, kita tingkatkan akses ke layanan kesehatan, termasuk memperkuat program homecare atau jemput bola rawat warga. Juga ada penambahan fasilitas kesehatan agar kualitas layanan semakin merata, plus penyejahteraan insan kesehatan," kata Ipuk.

Dia menambahkan, program penguatan nutrisi dan gizi warga juga menjadi salah satu prioritas untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terkait sosial-ekonomi, Ipuk menjelaskan, pandemi Covid-19 telah berdampak pada kehidupan warga.

"Pendapatan masyarakat yang menurun menjadi perhatian utama saya dan Pak Sugirah. Sudah disiapkan inovasi-inovasi penciptaan lapangan kerja," kata Ipuk.

Demikian pula pengembangan UMKM, pertanian, perikanan, dan pariwisata akan menjadi jangkar pembukaan lapangan kerja. 

"Kami fokus ciptakan pertumbuhan inklusif, yang merata, yang membuka lapangan kerja, yang padat karya, yang memberi kesempatan berusaha seluas-luasnya untuk warga," tuturnya.

Komisioner KPU Banyuwangi Ari Mustofa memastikan Pilkada Banyuwangi hanya dua paslon yang telah mendaftar. Dua paslon tersebut selanjutnya mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

"Selanjutnya para Paslon Cabub akan mengikuti tes kesehtan di RS Saiful Anwar, Malang yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 12 September 2020 akan datang," ucap dia.[]

Berita terkait
KPU Banyuwangi Nyatakan Berkas Ipuk-Sugirah Lengkap
Setelah dinyatakan lengkap, KPU Banyuwangi selanjutnya melakukan verifikasi terhadap berkas paslon Bupati dan Wakil Bupati Ipuk-Sugirah.
Teknis Pendaftaran Calon Bupati di KPU Banyuwangi
KPU Banyuwangi melakukan simulasi persiapan pendaftaran pasangan calon bakal Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilakukan pada 4 September.
83 Santri Ponpes di Banyuwangi Sembuh Covid-19
Dinas Kesehatan Banyuwangi mencatat jumlah santri Ponpes Darussalam dinyatakan sembuh bertambah 73 orang per Minggu, 6 September 2020.
0
Game NBA 2K21 Sudah Rilis di Indonesia
Game NBA® 2K21 versi terbaru dari seri simulasi video game NBA sudah tersedia di gaming console generasi terkini di Indonesia.