UNTUK INDONESIA

Uji Coba Fitur Vertical Feed, Instagram Bakal Mirip TikTok

Instagram, dikabarkan tengah melakukan ujicoba fitur baru, yakni feed stories berformat vertikal yang mirip dengan TikTok.
Ilustrasi Instagram. (Ist)

Jakarta - Media sosial berbagi video dan gambar, Instagram, dikabarkan tengah melakukan ujicoba fitur baru, yakni feed stories berformat vertikal. Fitur ini menjadikan layanan jejaring sosial besutan Facebook itu kian mirip dengan apa yang ada di aplikasi TikTok.

Saat ini, pengguna menelusuri barisan Stories melalui ketukan dan dengan cara menggeser horizontal. Fitur ini, diketahui diadopsi Instagram dari media sosial lain, yakni Snapchat.

Sementara, gesekan vertikal dirasa lebih alami karena merupakan cara pengguna menavigasi sebagian besar web seluler, atau aplikasi media sosial, seperti feed Facebook atau beranda Youtube.

Laman TechCrunch melaporkan, informasi mengenai pengembangan fitur Vertical Stories pertama kali diketahui dari postingan akun Twitter Alessandro Paluzzi.

Dari gambar tangkapan layar yang diunggahnya, tampilan menunjukkan antarmuka pengguna yang sederhana dengan teks bertuliskan, "Sekarang Anda dapat menggeser ke atas dan ke bawah untuk menjelajahi Stories," dan kemudian tombol biru besar dengan tulisan "Vertical Stories."

Fitur tersebut, menurut Paluzzi, dia dapatkan dari menggali kode Instagram. Sementara itu, Instagram kepada TechCrunch mengonfirmasi bahwa fitur tersebut sedang dibangun tetapi tidak tersedia untuk umum saat ini.

"Ini adalah prototipe awal dan saat ini tidak diuji di Instagram," kata juru bicara Instagram, dikutip Tagar pada Jumat, 5 Februari 2021.

Sebuah prototipe belum tentu akan benar-benar diluncurkan ke publik. Namun, keberadaannya menunjukkan ide-ide seperti apa yang saat ini dipertimbangkan Instagram untuk bersaing dengan TikTok.

Belum lama ini Instagram juga telah meluncurkan fitur yang terinspirasi dari TikTok, yakni Reels, yang ditempatkan pada bagian deretan Explore bagian bawah.

Lewat fitur ini, pengguna akan dibawa ke antarmuka baru tempat untuk menggesek video secara vertikal. Namun, saat ini Reels hanya tersedia di sejumlah negara. []


Berita terkait
Jadi Saingan Besar, Signal Rilis Fitur Mirip WhatsApp
Memperbaiki layanan, Signal dalam versi terbaru menghadirkan sejumlah pembaruan fitur mirip WhatsApp ke dalam aplikasi perpesanannya.
Cara Memindahkan History Chat dari WhatsApp ke Telegram
Telegram merilis fitur pemindahan data riwayat pesan dari aplikasi pesang singkat lain seperti WhatsApp, Line, dan KakaoTalk.
Deteksi Lokasi Pengisian Mobil Listrik, Google Maps Gunakan AI
Perusahaan teknologi Google resmi mengumumkan fitur baru menggunakan AI yang dapat digunakan pemilik mobil listrik di layanan Google Maps.
0
Uji Coba Fitur Vertical Feed, Instagram Bakal Mirip TikTok
Instagram, dikabarkan tengah melakukan ujicoba fitur baru, yakni feed stories berformat vertikal yang mirip dengan TikTok.