UGM Jadi Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia ke-19

Peserta akan bertanding di tempat masing-masing yang ditayangkan secara daring melalui video conference.
Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi tuan rumah KRI 2021. (Foto: Tagar/ugm.ac.id)

Jakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021.  Wakil Ketua I Pelaksana KRI 2021, Suherman mengatakan, ini adalah KRI yang ke -19

KRI merupakan kompetisi robotika tahunan bagi mahasiswa PTN dan PTS di Indonesia yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud Ristek. Lomba ini selalu dilaksanakan secara langsung di lapangan. Namun, sejak 2020 lomba harus digelar dengan format baru secara daring karena masih dalam situasi pandemi covid. 

"KRI merupakan kompetisi bergengsi yang ditunggu oleh seluruh mahasiswa Indonesia sebagai ajang menyalurkan bakat, minat, kreativitas dan ide di bidang robotika," kata Suherman, Selasa, 14 September 2021.

Ada enam divisi yang dipertandingkan tahun ini, yaitu Kontes Robot Abu, Kontes Robot SAR yang sebelumnya Kontes Robot Pemadam Api, Kontes Robot Sepak Bola, KRSBI Humanoid, Kontes Robot Seni Tari dan Kontes Robot Tematik Indonesia.

Dalam KRI 2021, peserta akan bertanding di tempat masing-masing yang ditayangkan secara daring melalui video conference. Sedangkan, juri dan panitia terpusat di perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah yaitu UGM dengan menerapkan protokol kesehatan.

Perguruan tinggi tuan rumah jadi ruang kontrol pertandingan dengan tim juri yang memandu kompetisi dan melakukan penilaian tiap tim secara live streaming. KRI 2021 diadakan secara bertahap, seleksi proposal dan yang lolos maju seleksi di wilayah.



KRI merupakan kompetisi bergengsi yang ditunggu oleh seluruh mahasiswa Indonesia sebagai ajang menyalurkan bakat, minat, kreativitas dan ide di bidang robotika.



KRI Wilayah I diikuti tim mahasiswa dari wilayah Indonesia bagian barat. Lalu, KRI Wilayah II diikuti tim mahasiswa dari wilayah Indonesia bagian timur. KRI Wilayah I dan KRI Wilayah II diadakan secara berseri mulai 22 September-1 Oktober 2021.

"Total ada 278 tim robot dari 107 perguruan tinggi yang ikut dalam KRI Wilayah meliputi 140 tim dari 54 perguruan tinggi di KRI Wilayah I dan 138 tim dari 53 perguruan tinggi di KRI Wilayah II," ujar Suherman.

Tim dengan prestasi terbaik di tingkat wilayah akan diundang mengikuti KRI Tingkat Nasional 2021 pada 12-17 Oktober 2021. Panitia dari unsur mahasiswa, Naufal Catra Rahmadian menuturkan, ada satu divisi yang alami perubahan format pertandingan.

"Divisi Kontes Robot SAR Indonesia menghadirkan tantangan yang lebih menarik dari sebelumnya. Agenda dan informasi detail terkait KRI 2021 dapat diakses di kontesrobotindonesia.id dan KRI2021.ugm.ac.id," katanya. []

Berita terkait
Ketua DPD Apresiasi Alat Penyimpanan Vaksin Ciptaan UGM
Dengan adanya Smart Vaccine Tube, target pemerintah menciptakan kekebalan tubuh kelompok bisa segera terwujud.
Sosiolog UGM: Kebohongan Heriyanti Bukan Tanpa Alasan
Kabar keluarga Akidi Tio akan menyumbang Rp 2 triliun untuk penanganan Covid-19 pada awalnya membuat banyak simpati yang pada akhirnya itu bohong.
Kelapa Muda, Jeruk Nipis, Garam, Covid-19, Pakar UGM: Bohong
Menurut Profesor dari Fakultas Farmasi UGM, Zullies Ikawati, campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam, tidak spesifik sembuhkan Covid-19.
0
Mendikbudristek Instruksikan Sekolah Tak Ragu Gelar PTM
Sekolah di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 sampai 3 tidak ragu menggelar pembelajaran tatap muka.