Ucapan Selamat Kemenag pada Pemeluk Agama Baha'i Disorot

Hubungan Baha’i dengan Zionis Yahudi sangat kuat. Mereka mendapat bantuan-bantuan Zionis Yahudi untuk mengembangkan agamanya,
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Tagar/Kalteng)

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan selamat hari raya Naw-Ruz 178 EB ke komunitas Baha'i. Video ucapan selamat itu pun kini viral dan disorot sejumlah netizen di media sosial. Lalu, seperti apa ajaran agama Baha'i.

Dikutip fajar.co.id dari artikel ilmiah yang ditulis Sofyan Chalid bin Idham Ruray, dijelaskan bahwa agama Baha'i berasal dari Mirza Ali Muhammad Asy-Syirozi yang mengaku sebagai nabi.

Ajarannya itu kemudian dilanjutkan oleh Mirza Husain Ali bin Mirza Abbas An-Nuri Al-Mazindaroni yang bergelar Al-Baha’, ia lahir pada tahun 1233 H / 1817 M, belajar di Teheran, Iran, bergaul dengan orang-orang Sufi, kemudian bertemu dengan orang-orang Al-Baabiyah sampai akhirnya ia mencetuskan agama Al-Bahaa’iyyah sebagai pelanjut Al-Baabiyyah.

Al-Baha’ wafat tahun 1309 H / 1892 M dan dikuburkan di kota ‘Akkaa, Palestina, setelah mewasiatkan kepada anaknya yang bernama Abdul Baha’ untuk melanjutkan agamanya. [Lihat Khafaaya Al-Bahaaiyyah, hal. 33, Al-Baabiyun wal Bahaaiyun, hal. 53, 58, 59, Ushul wa Tarikh Al-Firoq Al-Islamiyah, 2/74-84]

Menurut artikel tersebut, hubungan Baha’i dengan Zionis Yahudi sangat kuat. Mereka mendapat bantuan-bantuan Zionis Yahudi untuk mengembangkan agamanya, terutama berkaitan dengan kepentingan penjajahan Yahudi terhadap Palestina. [Lihat Khafaaya Al-Bahaaiyyah, hal. 115-119, Al-Baabiyyah wal Bahaaiyyah fil Mizan, hal. 23, Ushul wa Tarikh Al-Firoq Al-Islamiyah, 2/86] []


Baca juga

Berita terkait
Gus Yaqut Heran Indonesia Belum Diizinkan Masuk Saudi
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku belum memahami kenapa Indonesia belum mendapat izin masuk dari Pemerintah Arab Saudi.
Menag Yaqut Revitalisasi KUA Seluruh Indonesia
Menag Yaqut fokus merevitalisasi layanan Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia dengan jumlah lebih dari 5.945 unit.
Kejutan Gus Yaqut, Tiap Acara Harus Dimulai dengan Doa Semua Agama
Kementerian Agama tidak hanya mengurusi kebutuhan umat Islam, maka setiap acara di Kemenag harus didahului dengan doa semua agama. Gus Yaqut.
0
Bhutan Vaksinasi 90% Penduduk Dewasa Dalam 7 Hari
Bhutan telah memvaksinasi sepenuhnya 90% penduduk dewasa yang memenuhi syarat hanya dalam tujuh hari