UNTUK INDONESIA
UAS Batal Hadiri Peresmian Masjid Agung Abdya
Ustaz Abdul Somad batal menghadiri peresmian Masjid Agung Abdya dikarenakan jadwal padat dan harus digantikan Ustaz Bakhtiar Nasir.
Masjid Agung Abdya yang terletak di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Aceh. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Ustaz kondang asal Riau, Abdul Somad atau lebih dikenal dengan UAS batal menghadiri peresmian Masjid Agung di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh pada Selasa 11 Februari 2020 mendatang.

Padahal, UAS sebelumnya memang digadang-gadangkan bakal melakukan peresmian masjid terbesar di kabupaten ini setelah selesai pengerjaannya. Namun, lantaran jadwal UAS yang padat Pemerintah Abdya menganti sosok UAS dengan Ustaz KH Bakhtiar Nasir.

Sudah kita hubungi, tapi sayang jadwal UAS padat, jadi UAS batal datang.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Abdya, Ubaidillah, membenarkan bahwa UAS batal hadir peresmian Masjid Agung Abdya Februari ini. Ubai mengaku, UAS batal hadir lantaran jadwalnya yang padat.

"Sudah kita hubungi, tapi sayang jadwal UAS padat, jadi UAS batal datang. Kita ganti dengan KH Bakhtiar Nasir," kata Ubai, Sabtu 1 Februari 2020 di Aceh.

KH Bakhtiar Nasir, lanjut Ubai, nanti selain melakukan peresmian masjid, juga bakal mengisi tausiah, sebab, kegiatan ini diselenggarakan sekaligus syukuran dan maulid nabi.

"Nanti ada tausiah juga dari ustaz," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kabag Humas Pemkab Abdya Mawardi, mengaku bahwa sedikitnya 20 ekor kerbau dan sapi bakal disembelih pada peresmian masjid agung. Daging ini jadi menu hidangan untuk para tamu undangan.

"Kerbau dan sapi, 20 ekor disembelih nanti," kata Mawardi.

Lanjutnya, daging tersebut berasal dari dinas-dinas di jajaran pemerintah setempat. Setiap dinas, pada kegiatan tersebut akan memasak sendiri daging mereka untuk hidangan para tamu.

"Ada dinas yang satu ekor sendiri, ada juga yang patungan," ujarnya.

Masjid Agung Abdya, memiliki kombinasi desain arsitektur Aceh dan Timur Tengah. Masjid ini memiliki luas 4.800 meter persegi. Memiliki empat menara serta 12 pintu. Semua pintu masjid, terbuat dari kuningan yang mirip seperti pintu Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi. []

Berita terkait
Facebook Palsu Wabup Abdya Intai Pejabat
Sejumlah pejabat Kabupaten Abdya, Aceh mulai resah akibat akun Facebook palsu mirip wakil bupati sering meminta-minta duit.
Sementara 741 CPNS Abdya Aceh Gugur Tes SKD
Sementara dari 882 peserta CPNS Abdya Aceh, 741 di antaranya dinyatakan gugur.
Hari Pertama, 327 CPNS Abdya Aceh Gugur
327 pelamar Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh dinyatakan gugur di hari pertama tes.
0
Siaga Corona, Kereta Api Kesehatan Keliling Jawa
Kereta api kesehatan atau rail clinic keliling Jawa untuk membantu pencegahan penyebaran virus corona. Stasiun mana saja?