Tyas Murtiningsih Bangga Pecahkan Rekor Lari 100 Meter

Tyas Murtiningsih sprinter asal Jawa Barat, berhasil lolos ke babak final untuk nomor lari 100 meter putri cabang olahraga atletik di PON XX Papua.
Tyas Murtiningsih yang melakukan selebrasi usai memenangi final nomor lari 100 meter putri PON XX Papua. (Foto: Tagar/Antara)

Jakarta – Tyas Murtiningsih, sprinter asal Jawa Barat, berhasil lolos ke babak final untuk nomor lari 100 meter putri cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dengan memecahkan sebuah rekor.

Rekor PON ini dipecahkan pada seri satu babak pertama nomor lari 100 meter putri dengan mencatatkan waktu tercepat 11,67 detik, melewati rekor PON sebelumnya dari sprinter asal Maluku yaitu Irene Truitje Joseph dengan mencatatkan waktu 11,73 detik pada tahun 2000.

Melalui prestasi yang berhasil ia torehkan, Tyas mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan prestasi sejauh itu. Selama ini ia hanya memiliki target dengan mendapatkan medali emas, tidak menyangka akan memecahkan rekor lari yang ada sebelumnya.


Dari hasil latihan hari-hari, memang sudah ditargetkan sudah bisa lari segitu InsyaAllah nanti di final saya bisa mempertahankan atau bahkan mungkin mempertajam lagi.


“Alhamdulillah, bersyukur. Awalnya juga tidak menyangka (bisa memecahkan rekor). Semoga kita bisa mengharumkan nama Jawa Barat di bidang sprinter. Saya tidak menduga ini sebelumnya. Ya, tapi inilah hasilnya,” ujar Tyas Murtiningsih dilansir dari Times Indonesia, Rabu, 6 Oktober 2021.

Pada penyelenggaraan PON 2016 lalu di Jawa Barat, prestasi Tyas tidak begitu memuaskan. Ia bahkan gagal untuk menembus babak final dan hanya mencapai peringkat ke-10 dengan mencatatkan waktu hanya 12,30 detik.

Tyas mengaku telah memiliki persiapan yang cukup matang dalam mengikuti PON XX Papua 2021 ini. Ia juga mengaku bahwa catatan waktu yang ia dapatkan pada babak pertama merupakan hasil latihan yang selama ini ia jalani setiap harinya.

“Dari hasil latihan hari-hari, memang sudah ditargetkan sudah bisa lari segitu. InsyaAllah, nanti di final saya bisa mempertahankan atau bahkan mungkin mempertajam lagi,” ucap Tyas.

Diketahui bahwa babak final nomor 100 meter putri digelar di hari yang sama pada Rabu, 6 September pukul 16.00 WIT di Mimika Sport Complex (MSC). Tyas kembali berhasil membuktikan ketajamannya di lintasan. Pada babak final ini ia membawa pulang medali emas dengan catatan waktu 11,79 detik.

Tyas juga berhasil mengalahkan beberapa atlet lainnya, salah satunya atlet Olimpiade Tokyo 2020 yang dilakukan pada tahun 2021 yaitu Alvin Tehupeiory asal Maluku. Ia juga bersaing dengan teman satu kontingennya dari Jawa Barat, Erna Nuryanti.

(Rana Maheswari Ummairah)

Berita terkait
Kalahkan DKI, Tim Basket Jateng Melenggang ke Semifinal PON
Tim Basket Jawa Tengah (Jateng) sukses melenggang ke semifinal setelah mengalahkan DKI Jakarta sengan skor tipis 88-82. Berikut ulasannya.
Salmon Kareth, Putra Daerah Penjaga Listrik PON XX Papua
Di balik kesuksesan PLN mendukung pembukaan dan pelaksanaan PON XX Papua di Jayapura ada nama Salmon Kareth yang setia menjaga listrik.
Masyarakat Papua Senang dan Berkah dengan Adanya PON XX
PON XX Papua menjadi sebuah perhelatan yang besar oleh masyarakat Indonesia terkhusus masyarakat Papua yang merasa senang dengan event ini.
0
Tyas Murtiningsih Bangga Pecahkan Rekor Lari 100 Meter
Tyas Murtiningsih sprinter asal Jawa Barat, berhasil lolos ke babak final untuk nomor lari 100 meter putri cabang olahraga atletik di PON XX Papua.