Turunkan 1,5 Juta Penjualan, Nintendo Kekurangan Chip ARM

Nintendo telah menurunkan perkiraan penjualan konsol game genggam Switch-nya sebesar 1,5 juta unit. Perusahaan game terbesar di Kyoto.
Nintendo Switch. (Foto: Tagar/Arstechnica)

Jakarta - Nintendo telah menurunkan perkiraan penjualan konsol game genggam Switch-nya sebesar 1,5 juta unit. Perusahaan game terbesar yang berbasis di Kyoto kini mengatakan mereka akan menjual 24 juta unit saja, setelah sebelumnya memperkirakan penjualan sebesar 25,5 juta unit.

Pembuat Animal Crossing ini pula mengatakan perkiraan baru itu karena adanya perubahan dalam rencana produksi, yakni efek dari kekurangan semikonduktor di seluruh dunia. Perancang chip ARM baru-baru ini memperingatkan kelangkaan yang dapat menunda salah satu barang yang cocok untuk hadiah Natal ini.

"Perkiraan pengiriman kami untuk paruh kedua berkurang karena perubahan dalam rencana produksi kami karena efek dari kekurangan semikonduktor global," tulis Nintendo dalam sebuah dokumen yang menyertai hasil keuangannya.

Simon Segars, kepala eksekutif perusahaan desain chip ARM, mengatakan pada konferensi bahwa ketidaksesuaian antara penawaran dan permintaan adalah "yang paling ekstrem" yang pernah dia lihat, dengan menunggu pasokan chip memakan waktu hingga 60 Minggu.

"Jika Anda belum membeli semua perangkat Anda, Anda mungkin akan kecewa," ujar Simon saat memperingatkan para delegasi di acara Web Summit.

Konsol game generasi berikutnya seperti Xbox Series X dan PlayStation 5, telah kekurangan pasokan sejak awal pandemi. Pada bulan September, bos game Microsoft, Phil Spencer mengatakan bahwa kekurangan pasokan konsol generasi berikutnya disebabkan oleh banyak masalah, bukan hanya kekurangan chip, dan akan terus berlanjut setelah Natal.

Kekhawatiran atas potensi pukulan dari kekurangan chip semakin meluas. Fokus awal yang menjadi perhatian adalah industri otomotif, tetapi analis melihat lebih banyak produsen yang terpengaruh. 

Produksi "mungkin dipengaruhi oleh hambatan pengadaan suku cadang, termasuk peningkatan permintaan global untuk komponen semikonduktor," kata Nintendo dalam laporan keuangannya.

Hiroki Totoki, kepala keuangan Sony, mengatakan pekan lalu bahwa grup tersebut tidak akan dapat secara dramatis meningkatkan produksi konsol PlayStation 5 barunya, memprediksi bahwa kekurangan semikonduktor akan berlanjut sepanjang tahun keuangan yang dimulai pada bulan April.

Glenn O'Donnell, seorang analis teknologi di Forrester, mengatakan masalah itu tidak mungkin segera diperbaiki.

"Chip semikonduktor telah menjadi bahan dasar dalam berbagai macam produk seperti peralatan rumah tangga, elektronik konsumen, dan mainan semuanya terpengaruh. Bahkan Apple berjuang untuk mendapatkan bagian-bagian penting ini. Pasokan chip yang cukup tidak akan datang hingga tahun 2023, melanggengkan rantai pasokan elektronik selama dua tahun atau lebih." ujar Glenn.

Nintendo, yang terkenal dengan panduannya yang terlalu konservatif, memproyeksikan laba bersihnya akan turun 29 persen menjadi 340 miliar ($3,1 miliar) selama tahun fiskal 2021-2022. Itu datang di bawah perkiraan analis sebesar 412 miliar ($ 3,7 miliar), menurut S&P Global Market Intelligence. Nintendo memperkirakan pendapatan akan turun 9 persen menjadi 1,6 triliun ($14,6 miliar).

Nintendo juga mengatakan pihaknya berencana untuk menunjuk Chris Meledandri, kepala eksekutif studio animasi Illumination dan produser dari franchise Despicable Me, sebagai direktur non-eksekutif sambil menunggu persetujuan pemegang saham pada bulan Juni.

(Putri Fatimah)

Berita terkait
Squid Game Harus Dijauhkan dari Anak-anak
Menurut pendidik di Jerman makna serial ini masih bisa dijelaskan kepada remaja yang lebih dewasa, tapi tidak cocok untuk anak kecil
Mengenal Game NFT, Main Game dibayar Uang Kripto
Aset digital yang dijual dalam bentuk NFT, akan memiliki "sertifikat digital" yang menandakan keaslian suatu aset tersebut.
Resmi Diundur, Ini Jadwal Baru SEA Games 2021
Ajang olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara tersebut akan diadakan pada Mei 2022 mendatang.
0
Turunkan 1,5 Juta Penjualan, Nintendo Kekurangan Chip ARM
Nintendo telah menurunkan perkiraan penjualan konsol game genggam Switch-nya sebesar 1,5 juta unit. Perusahaan game terbesar di Kyoto.