UNTUK INDONESIA
5 Game Bertemakan Penyebaran Virus Mematikan
Namun, ada segelintir perusahaan justru meraup untung dari wabah virus corona ini. Perusahaan game membuat permainan betemakan penyebaran virus.
Tangkapan layar game DayZ. (Foto: Steam)

Jakarta - Wabah virus corona dari kota Wuhan, China membuat gempar seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Saat ini virus yang bernama lain novel corona virus (NCoV) itu sudah menyebar ke 18 negara dengan jumlah korban yang terjangkit mencapai 9.000 orang, bahkan World Health Organization (WHO) telah menyatakan darurat global terhadap wabah virus corona.

Namun, ada segelintir perusahaan justru meraup untung dari wabah virus corona ini. Misalnya perusahaan game yang membuat permainan dengan bertemakan penyebaran virus. Game apa saja yang dimaksud? berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber, Jumat 14 Februari 2020.

1. Resident Evil 2

Game populer buatan Capcom ini memiliki tema tentang penyebaran virus. Bercerita tentang Leon S Kennedy dan Claire Redfield yang harus melarikan diri dari Raccoon City setelah wabah virus akibat senjata biologis yang membuat penduduk kota berubah menjadi zombie.

Resident Evil 2Tangkapan layar game Resident Evil 2. (Foto: ResidentEvil2.com)

Alur permainan berfokus pada eksplorasi, teka-teki, dan pertempuran. Perbedaan utama dari seri sebelumnya adalah memiliki alur bercabang. Setiap karakter pemain memiliki alur cerita dan rintangan yang berbeda.

Resident Evil 2 pertama kali dirilis untuk Play Station pada tahun 1998. Kemudian pada 2019, game ini dirilis ulang dengan nama yang sama untuk Play Station 4, Windows dan Xbox One.

2. DayZ

Game bergenre survival garapan Bohemia Interactive ini memiliki tema mengenai penyebaran virus. Permainan ini menempatkan pemain di Republik Chernarus pasca-Soviet fiksi, di mana wabah misterius telah mengubah sebagian besar populasi menjadi "terinfeksi" kekerasan.

Game DayZTangkapan layar game DayZ. (Foto: Steam)

Sebagai orang yang selamat, pemain harus mencari makanan, air, senjata, dan obat-obatan, sambil membunuh atau menghindari yang terinfeksi, dan membunuh, menghindari, atau bekerja sama dengan pemain lain dalam upaya untuk bertahan dari wabah.

DayZ memulai pengembangan pada tahun 2012 ketika penciptanya, Dean Hall, bergabung dengan Bohemia Interactive untuk memulia pekerjaan pada versi mandiri dari game. Pengembangan telah difokuskan pada perubahan mesin agar sesuai dengan kebutuhan game. Selama fase akses awal, game ini sudah terjual lebih dari tiga juta kopi.

3. Left 4 Dead 2

Game Left 4 Dead 2Game Left 4 Dead 2. (Foto: Steam)

Left 4 Dead 2 merupakan game survival horor multi pemain yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Valve Cooperation. Sekuel Left 4 Dead dari Turtle Rock Studios ini dirilis untuk Windows dan Xbox 360 pada November 2009, Mac OS X pada Oktober 2010 dan Linux pada Juli 2013.

Ditetapkan pada saat setelah pandemi apokaliptik, Left 4 Dead 2 berfokus pada empat korban baru yang berjuang melawan gerombolan zombie, yang dikenal sebagai infected, yang mengembangkan psikosis parah dan bertindak agresif. Para korban tersebut harus berjuang untuk melarikan diri menuju zona aman yang sudah disediakan.

4. Plague Inc

Permainan yang diciptakan oleh studio game asal London, Inggris, Ndemic Creation ini mendadak populer berkat adanya virus corona. Menurut data firma industri game SensorTower, game ini berhasil memuncaki game IOS populer di Tiongkok setelah tadinya berada di peringkat 27.

Game Plague IncGame Plague Inc. (Foto: ndemiccreations.com)

Game ini mengajak pemain untuk menciptakan sebuah wabah virus yang mematikan, dengan target menghancurkan semua negara di dunia. Virus ini dikembangkan berdasarkan kondisi geografis negara yang ingin diserang, misalnya penularan virus lewat udara atau hewan.

Sejak diluncurkan pada 2013, game ini sudah diunduh sebanyak 85 juta kali dan diterima positif oleh para kritikus. Tak hanya itu, Plague Inc, berhasil meraih posisi runner up di IGN Game of the Year 2012 dengan kategori "Overall Best Strategy Game".

5. Pandemic

Pandemic merupakan permainan papan kooperatif yang dirancang oleh Matt Leacock dan pertama kali diterbitkan oleh Z-Man Games di Amerika Serikat pada 2008. Game ini memiliki kesamaan dengan Plague Inc, dimana pemain berperan menciptakan wabah penyakit untuk disebarkan ke seluruh dunia.

Game PandemicGame Pandemic. (Foto: zmangames.com)

Pandemi didasarkan pada premis bahwa empat penyakit telah menyebar di dunia, masing-masing mengancam untuk menghapus suatu wilayah. Permainan ini menampung dua hingga empat pemain, masing-masing memainkan satu dari tujuh spesialis, yakni dispatcher, medis, ilmuwan, peneliti, ahli operasi, Contingency Planner, atau spesialis karantina.

Pandemic dianggap sebagai salah satu permainan kooperatif yang paling sukses dan telah mencapai penjualan pasar utama, memadatkan jenis strategi mendalam yang ditawarkan oleh permainan kooperatif sebelumnya, seperti Arkham Horror. []

Berita terkait
Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505DD, Laptopnya Gamer
ASUS baru-baru ini meluncurkan laptop gaming yang diberi nama ASUS TUF Gaming FX505DD. Digadang-gadang jadi laptopnya gamer.
Cek Spesifikasi Laptop yang Tepat untuk Gamer
Menjadi gamer tentu membutuhkan laptop sebagai senjata utama. Acer menjadi salah satu laptop yang layak anda pilih. Berikut spesifikasinya.
Gamer: Tik Tok Lebih Bahaya dari Game PUBG
Ada sosial media yang lebih berbahaya dari PUBG, yaitu aplikasi Tik Tok
0
Pembina Pramuka SMPN 1 Turi Sleman Tersangka
Polda DIY menetapkan satu tersangka musibah susur sungai Sempor. Tersangka itu tak lain pembina Pramuka sekaligus guru SMPN 1 Turi.