UNTUK INDONESIA
Tujuh Ritual Sehat yang Harus Dicoba Sebelum Tidur
Tidur merupakan solusi praktis untuk mengembalikan kondisi tubuh kembali seperti semula, namun ada beberapa ritual yang harus dilakukan sebelumnya.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Tidur solusi yang paling tepat untuk mengembalikan kondisi tubuh yang lelah menjadi bugar kembali. Sebelum merebahkan diri ke tempat tidur, sebaiknya melakukan beberapa ritual untuk menghalau pertumbuhan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan.

Di samping mencuci wajah dan kaki serta menyikat gigi, ada beberapa kebiasaan yang bisa dijadikan ritual sebelum tidur. Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber.

1. Berkumur dengan Mouthwash

Seperti diberitakan laman Reader’s Digest, menggunakan obat kumur antiseptik atau fluoride (fluorida) pada malam hari sesudah menyikat gigi dapat membantu memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut. 

Larutan mouthwash mampu mengurangi bakteri dan plak mulut, sehingga membantu proses remineralisasi email gigi. Selain itu, berkumur dengan larutan antiseptik bisa meredakan gejala gigi sensitif.

2. Selalu Tidur di Waktu yang Sama

Kesehatan jangka panjang tergantung pada regenerasi yang terjadi selama tertidur nyenyak. Hal itu terjadi karena hormon disekresi untuk merangsang fungsi-fungsi penting, misalnya pembersihan hati, pembentukan otot, pembaruan jaringan, pemecahan simpanan lemak, dan normalisasi gula darah.

Agar keseluruhan proses tersebut berjalan dengan optimal, diwajibkan bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari.

3. Konsumsi Serat, Protein, dan Lemak Sehat

Jika sering merasa lapar sebelum tidur, lebih baik ganti keinginan itu dengan menyantap kudapan manis, kacang almond, yoghurt, buah-buahan, atau telur rebus.

Pastikan menghindari pati dan gula, karena keduanya meningkatkan kadar insulin sehingga tidur menjadi gelisah. 

Selain itu, hindari pula konsumsi makanan yang terlalu berminyak dan berlemak, karena bisa membuat perut melilit dan penuh gas sebelum tidur.

4. Lakukan Gerakan Yoga

Bekerja di kantor dan menaiki kendaraan membuat pinggul maupun paha belakang tegang di pengujung hari. Lakukan beberapa gerakan yoga, yakni supine hamstring pose dan figure pose.

Jangan lupa mengatur napas yang dalam menggunakan hidung (bukan dengan mulut). Lakukanlah gerakan tersebut masing-masing hingga dua menit, sehingga mampu meregangkan dan membuat tubuh serta pikiran terasa relaks sebelum tidur.

5.  Mengonsumsi probiotik

Keseimbangan bakteri dalam usus berpengaruh besar pada kesehatan saluran cerna. Konsumsilah probiotik, baik berupa minuman atau tablet kunyah, sebelum tidur untuk mencegah obesitas dan kanker usus.

Seperti diberitakan Reader’s Digest, probiotik bekerja optimal saat perut tidak dipenuhi makanan. Sehingga, kinerja probiotik untuk memelihara bakteri baik dalam usus tidak mengganggu enzim pencernaan.

6. Minum Air Lemon Hangat

Tingkat pH dalam tubuh perlu diseimbangkan, malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Minumlah secangkir air lemon hangat, bermanfaat untuk menciptakan alkalinitas dalam tubuh.

Meski air lemon bersifat asam, tetapi sesudah masuk proses metabolisme, akan memiliki efek alkali. Jika pH dalam tubuh seimbang, tubuh menjadi tak mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

7. Hindari Alkohol dan Kafein

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat mengganggu neurotransmiter di otak, yang mengatur siklus tidur. Apalagi jika sudah menopause, mengonsumsi minuman beralkohol di malam hari hanya akan meningkatkan serangan hot flashes.

Sedangkan untuk kafein (kopi dan cokelat hitam), sebaiknya dibatasi waktu mengkonsumsinya menjadi setelah jam dua siang. Karena secangkir kopi yang diminum saat pagi hari masih menyisakan 25 persen kafein di dalam tubuh. 

Bayangkan jika masih mengonsumsi kafein sampai sore atau malam hari, bisa-bisa mata melek sampai pagi. []

Berita terkait
Tanda-tanda Tubuh Penuh Racun
Tubuh yang mulai terserang oleh racun menimbulkan tanda-tanda yang bisa terlihat di aktivitas sehari-hari, apa saja tanda-tandanya?
Delapan Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Olahraga
Beragam penyakit bisa dicegah dengan berolahraga, tidak perlu lagi memakan obat-obatan, apa saja penyakitnya?
Lima Khasiat Minum Air Hangat Setiap Pagi
Minum air hangat setiap pagi memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan. Mau tau apa saja?
0
Pesan Sultan HB X Usai Outbound SMPN 1 Turi Sleman
Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta menghindari aktivitas di sungai selama musim hujan. BPBD DIY diminta membuat surat edaran tentang hal ini.