Tugu Insurance Raih Sertifikasi ISO Manajemen Anti Suap

Tugu Insurance, resmi meraih Sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
Gedung Tugu Insurance. (Foto:Tagar/Tugu Insurance)

Jakarta – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance), resmi meraih Sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dalam ruang lingkup fungsi Procurement dan Claim dengan Registrasi Sertifikat No. 03 13 B 21008. Sertifikat ini, menunjukan Tugu Insurance berkomitmen dalam menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan Berstandar Internasional di perusahaan.

Semoga dengan diperolehnya sertifikat ISO 37001:2016 SMAP, Tugu Insurance dapat terus menunaikan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan pertanggungjawaban dalam membangun profesionalisme serta melakukan berbagai upaya untuk pencegahan korupsi.

Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh badan sertifikasi internasional, TÜV NORD yang diakui oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Tugu Insurance telah mendapatkan pengakuan untuk mendapatkan sertifikat ISO 37001:2016 SMAP di tanggal 5 Februari 2021 yang dibuktikan dengan laporan hasil audit dari TÜV NORD. Sedangkan sertifikatnya secara resmi diterbitkan oleh TÜV NORD pada tanggal 25 Februari 2021.

Saat ini, seluruh pengembangan bisnis Tugu Insurance terus diimbangi dengan praktik Good Corporate Governance, Risk & Compliance. Praktik ini, mengedepankan integritas dan etika agar dapat mencegah dan mengungkapkan penyuapan dan korupsi. Upaya ini, sejalan dengan salah satu Tata Nilai Budaya Perusahaan yaitu Clean (bersih).

"Semoga dengan diperolehnya sertifikat ISO 37001:2016 SMAP, Tugu Insurance dapat terus menunaikan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan pertanggungjawaban dalam membangun profesionalisme serta melakukan berbagai upaya untuk pencegahan korupsi," tutur Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko, Maruly O. Sinaga dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar pada Senin, 1 Maret 2021.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, Tugu Insurance telah melalui berbagai rangkaian proses persiapan menghadapi 2 tahapan assessment oleh auditor eksternal SMAP. Pada tahap pertama adalah assessment untuk pengecekan kesiapan dan pemenuhan dokumen, dan tahap kedua adalah tahapan assessment dengan metode wawancara dan diskusi termasuk dengan Direksi Tugu Insurance. 

Internalisasi ISO 37001:2016 SMAP kepada seluruh Insan Tugu Insurance pun dilakukan yang dimulai dengan kick off implementasi ISO 37001:2016 SMAP yang dihadiri juga oleh karyawan dan Direksi dan Dewan Komisaris Tugu Insurance.

Secara terpisah, Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna menjelaskan bahwa dengan komitmen diterapkannya ISO 37001:2016 maka diharapkan dapat turut mendukung fokus strategik maupun target kinerja perseroan serta meningkatkan kepercayaan Stakeholders kepada Tugu Insurance selaku Emiten Anak BUMN PT Pertamina (Persero).

“Kami sangat mengapresiasi keberhasilan perseroan dalam meraih sertifikasi SMAP ISO 37001:2016, komitmen penerapan SMAP tentunya akan sangat mendukung keberlangsungan operasional usaha yang berkelanjutan dalam menunaikan target kinerja yang berkesinambungan dan penuh kemanfaatan baik bagi para Shareholders maupun seluruh Stakeholders,” tegasnya. []

Berita terkait
Asuransi Tugu Kembangkan Platform Digital
Asuransi Tugu Pratama Indonesia terus mengembangkan platform digital untuk memberikan kemudahan masyarakat mengakses informasi.
Praktisi Hukum : PKPU Solusi Terbaik Untuk Perusahaan Asuransi
Praktisi Hukum Dicky Siahaan merespons maraknya permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang diajukan para pemegang polis asuransi.
3 Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil Selama Pandemi
Adanya asuransi dapat menanggung biaya perbaikan dan kerugian terhadap kendaraan.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.