UNTUK INDONESIA
Truk Buang Sampah Dekat Kawasan Danau Toba
Beredar di Facebook aktivitas membuang sampah tak jauh dari perairan Danau Toba.
Pembuangan sampah yang langsung jatuh menuju Danau Toba. (Foto: Facebook Darma Purba)

Simalungun - Status Facebook dengan akun Darma Purba, menghebohkan dunia maya. Di dinding status tampak satu video dan dua foto menunjukkan aktivitas membuang sampah. 

Lokasi berada di Kecamatan Haranggaol, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara tak jauh dari perairan Danau Toba.

Pemilik akun memosting kebiasaan buruk aparat Pemerintah Kabupaten Simalungun yang kerap membuang sampah di daerah itu. Di mana sampah langsung jatuh ke perairan Danau Toba.

Dia pun tampak marah di status Facebooknya, mengatakan bahwa sampah yang bertumpuk di sana berasal dari rumah-rumah warga Kecamatan Haranggaol, yang sudah lama tidak dibersihkan dinas terkait. Apalagi saat truk berlogo Kabupaten Simalungun tampak membawa sampah dan membuangnya begitu saja.

Artikel lainnya: Ada Bunga Bangkai Setinggi 1 Meter di Simalungun

"Hari ini Selasa 25 Juni pukul 11.00 truk pengangkut sampah berlogo Pemkab Simalungun Sumatera Utara melakukan open dumping ...membuang sampah langsung ke Danau Toba Tanggabatu, Batu Dua, Kecamatan Horisan Haranggaol, sampah dalam karung berasal dari sampah rumah tangga warga Haranggaol yg sudah hampir sebulan tidak diangkut....mengotori Danau Toba dg sengaja menggunakan perlengkapan instansi resmi Pemerintah Kabupaten sungguh perbuatan para JA*A*AM yg tidak pantas ditolerir !!," tulisnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun, Gidion Purba ketika dikonfirmasi Tagar, kaget dengan informasi itu. Dia sampai meminta ditunjukkan lokasi pembuangan sampah.

"Gak mungkin. Gak ada tanah kita yang langsung ke Danau Toba. Di jurang mana, tolong tunjukkan lah. Itu sudah cerita empat tahun yang lalu kali ya," katanya dihubungi melalui telepon seluler, Selasa 25 Juni 2019 sekitar pukul 14.21 WIB.

Dia kemudian berjanji mempertanyakan itu kepada Camat Haranggaol. Karena menurutnya, Danau Toba bukan pembuangan sampah.

"Langsung ke Danau Toba dia? Ya, sudah nanti saya apain camatnya lah apa benar itu. Kita akan membuat teguran. Karena adanya tempat pembuangan sampah. Danau Toba itu bukan tempat sampah," katanya.

Artikel lainnya: HKBP Tabur Benih Ikan di Danau Toba

Tagar juga mencoba mengkonfirmasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun Mislaini Saragih. Dia mengelak dan seakan tidak mau tahu tentang pembuangan sampah yang dilakukan bawahannya.

"Koordinasi ke camat saja ya, sebab sudah menjadi urusan camat," katanya melalui pesan singkat WhatsApp.

Namun, ketika kembali ditanyakan apakah Mislaini sebagai kepala dinas sudah tidak berwenang terkait masalah itu. Dia malah memblokir akun WhatsApp wartawan.[]

Berita terkait
0
Kesbangpol Tanggapi Wacana Dana Parpol DKI Naik 2020
Kemungkinan dana parpol DKI naik 2020 bisa saja terjadi, jika keadaan keuangan bagus.