UNTUK INDONESIA
Tren Mobil Tahun 2020 di Indonesia
Prediksi tentang tren mobil di Indonesia tahun 2020 diutarakan Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto.
Mobil BMW The New X1 yang dipamerkan di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (1/11/2019). (Foto: Antara/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta - Prediksi tentang tren mobil di Indonesia tahun 2020 diutarakan Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto. 

Dia mengatakan ketika orang Indonesia diberikan pilihan antara jenis mobil sedan dan Sport Utility Vehicle (SUV), bukan hanya keduanya melainkan juga pada mobil Multi Purpose Vehicle (MPV).

"Kalau bicara tren jenis mobil di dunia, SUV dan sedan masih nomor satu. Tapi di Indonesia sendiri masih ada MPV," kata Bayu di sela-sela peluncuran BMW The New X1 di Plaza Senayan, Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat, 1 November 2019.

Dia menjelaskan dengan adanya aturan baru terkait pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) lewat Peraturan Pemerintah (PP) No. 73 tahun 2019, bisa menjadikan ketiga jenis mobil itu lebih dominan di Indonesia.


Kalau bicara tren jenis mobil di dunia, SUV dan sedan masih nomor satu. Tapi di Indonesia sendiri masih ada MPV.


Aturan PP No 73 ini berlaku dua tahun setelah diundangkan pada 16 Oktober 2019, dan peraturan pajak ini berlaku mulai 16 Oktober 2021.

"Ditambah nanti dengan adanya harmonisasi pajak, yang kemarin baru ditandatangani (Presiden) Jokowi dengan implementasi dua tahun ke depan, harapannya akan menjadi hal yang berimbang antara MPV, SUV dan sedan," ujar Bayu.

Terkait aturan pajak, ia pun menilai bahwa sedan dan SUV lebih potensial untuk merajai pasar mobil Tanah Air di tahun 2020 karena akan pajaknya setara dengan mobil low MPV yang beredar luas di Indonesia.

"Tapi kalau saya lihat, masa depannya itu ada di sedan dan SUV, karena orang akan melihat pajaknya jauh lebih murah, harganya lebih affordable untuk dibeli, dan itu akan menambah penjualan menurut saya buat SUV dan sedan," ujar Bayu. []

Berita terkait
All-New BMW Seri 3 Hadir di Makassar
BMW Astra memperkenalkan dua varian dari sedan sporty legendaris sepanjang masa, All-new BMW 320i Sport dan all-new BMW 330i M Sport di Makassar.
Sejarah Perjalanan Bisnis BMW
BMW merupakan perusahaan otomotif asal Jerman yang berdiri sejak 1916. Tahukah Anda BMW sebelumnya memproduksi selain motor dan mobil?
BMW Rilis Mobil Tolak Bala Baru, Tahan Bom dan Tembakan
Produsen otomotif asal Jerman, BMW, merilis mobil dengan sistem tolak bala mutakhir. Dengan spesifikasi keamanan tahan bom dan tembakan,
0
4 Kamera Utama Menjadi Keunggulan Vivo S1 Pro
Vivo S1 Pro memiliki lima keunggulan. Salah satu keunggulan tersebut adalah empat kamera dengan bentuk diamond.