Tren Filler Hidung, Bagaimana Efek Sampingnya?

Metode filler hidung kini sudah semakin dikenal luas di dunia kecantikan, namun adakah efek samping dari metode ini? bagaimana cara mencegahnya?
Ilustrasi filler hidung. (Foto: Tagar/bclaserandskincare)

Jakarta - Filler hidung atau dalam bahasa medis dikenal dengan nonsurgical rhinoplasty (NSR) merupakan metode pengubahan bentuk hidung yang bersifat sementara. Prosedur medis ini bisa mengubah bentuk hidung tanpa melakukan pembedahan hanya dalam 1-2 minggu untuk hasil yang maksimal. Metode filler hidung kini sudah semakin dikenal luas di dunia kecantikan.

Jika Anda menginginkan perubahan yang tidak permanen, misalnya ingin meratakan bentuk batang hidung yang bengkok, memancungkan hidung, atau mengangkat ujung hidung yang pesek, metode ini dianggap cukup efektif dibandingkan dengan operasi plastik hidung. Cara kerjanya hanya dengan menyuntikkan cairan ke dalam lapisan kulit. Cairan yang disuntikkan berbeda-beda bisa berupa asam hialuronat, kolagen, lemak tubuh, hingga silikon.

Pada umumnya filler dianggap aman. Namun efek samping dapat terjadi saat melakukan metode ini. Melansir dari laman Healthline, berikut efek samping filler yang harus diwaspadai.

1. Peradangan

Efek samping filler yang biasa terjadi adalah dapat menimbulkan peradangan, mulai dari bagian hidung yang memerah hingga kebiruan, lebam, dan juga terasa nyeri. Efek samping ini merupakan efek jangka pendek dari filler hidung. Umumnya peradangan akan hilang dalam waktu beberapa jam setelah filler selesai dilakukan. Kompres hidung dengan es untuk meredakan rasa nyeri pada hidung.

2. Rusaknya Jaringan Kulit

Efek samping filler hidung selanjutnya adalah rusaknya jaringan kulit atau disebut juga dengan nekrosis. Kondisi ini bisa terjadi akibat kesalahan dari prosedur filler seperti dosis cairan filler yang terlalu banyak sehingga menyubat pembuluh darah.

3. Bentuk Hidung Tidak Sesuai Keinginan

Tujuan filler hidung adalah untuk mendapatkan bentuk hidung yang lebih sempurna. Tapi bukan berarti Anda selalu mendapatkan hasil yang maksimal. Terkadang filler hidung yang salah bisa membuat bentuk hidung Anda menjadi tidak simetris. Terlalu mancung sehingga aneh di wajah. Jika filler yang dilakukan adalah filler non-permanen tentunya tidak akan terlalu merepotkan, tapi jika filler hidung permanen tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menormalkan bentuk hidung Anda.

4. Alergi

Efek samping filler hidung yang satu ini biasanya muncul pada pemilik kulit yang sensitif. Alergi pada cairan yang disuntikkan bisa menimbulkan reaksi seperti kulit terbakar, gatal, dan timbul ruam merah.

5. Mengganggu Kesehatan Hidung Seperti Sinus

Filler hidung juga bisa berisiko mengganggu kesehatan sinus. Kemungkinan hal ini akan beresiko tinggi jika Anda melakukan filler hidung dalam kondisi hidung yang sedang kurang sehat.

Melansir dari laman resmi The National Center for Biotechnology Information (NCBI), ada beberapa pencegahan untuk menghindari komplikasi saat melakukan filler, yaitu:

1. Memulai dengan menyuntikkan filler sementara. Ini akan memungkinkan pasien dan dokter yang merawat untuk mengevaluasi hasil dan memutuskan apakah filler yang lebih permanen diinginkan atau tidak.

2. Pembengkakan dan memar dapat diminimalkan dengan menghindari penggunaan obat antikoagulan atau produk yang dijual bebas dan menggunakan kompres es sebelum dan sesudah perawatan bersama dengan sentuhkan yang lembut setelah perawatan.

3. Filler non-permanen yang dapat diserap disuntikkan lebih dangkal daripada filler yang lebih permanen, perlu disuntikkan lebih dalam.

4. Meminimalisir gerakan yang berlebihan dan berulang selama 3 hari pertama setelah perawatan tidak terjadi perubahan bentuk. (Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Dokter Bicara Tren Tindik di Dalam Hidung, Bahaya Gak Sih?
Tindik atau piercing di bagian dalam hidung sedang hits. Namun, apakah mengikuti tren ini berbahaya?
Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Hidung
Jerawat di hidung nyatanya dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Berikut penyebab dan cara ampuh mengatasinya.
Wanita Ini Kecanduan Filler Hingga Punya Tulang Pipi Ekstrem
Kecanduan filler wanita ini suntik sendiri botox hingga tulang pipinya dibikin ekstrem.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.