Tracing Bantu Putuskan Rantai Penularan Covid-19

Selain melalui vaksinasi, pemerintah juga melakukan 3T (Testing, Tracing, Treatment) sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.
Satgas Covid-19 Kota Solo menemui jalan buntu dalam upaya tracing klaster warung makan soto di Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres. (Foto: Tagar/ Dok Dinkes Solo)

Jakarta - Selain melalui vaksinasi, pemerintah juga melakukan 3T (Testing, Tracing, Treatment) sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan tracing atau pelacakan, dapat mengidentifikasi waktu dan tempat dari orang-orang yang berkontak dengan penderita Covid-19.

Kemudian, menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virusnya. Selanjutnya dapat mengisolasi orang-orang terjangkit Covid-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

IlustrasiIlustrasi virus Covid-19. (Tagar/Pixabay)

Pelacakan, dilakukan Puskesmas dan jejaringnya terhadap kontak erat dari kasus konfirmasi positif Covid-19. Tracer (pelacak) dari tenaga non-kesehatan (misalnya : Kader, TNI, dan Polri, atau komponen masyarakat) dapat dilibatkan setelah mendapatkan pelatihan dari Puskesmas

Tracing dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor Hk.01.07/Menkes/4641/2021.[]


Berita terkait
Malaysia Menargetkan Warga Pendatang Saat Lockdown Covid-19
Malaysia dikritik telah mengkambinghitamkan pendatang saat penularan Covid-19 bertambah dan pemerintah dianggap gagal
Sikh di Garda Depan Perang Lawan Pandemi Covid-19 di India
Kaum minoritas Sikh India di garda depan melawan stigma dengan membantu pasien Covid-19 melalui pasokan oksigen
Kampanye Nasional Vaksinasi Covid-19 di Amerika
Presiden Biden luncurkan kampanye nasional sebulan penuh agar tercapai target 70% orang dewasa sudah divaksinasi pada Hari Kemerdekaan AS
0
Tracing Bantu Putuskan Rantai Penularan Covid-19
Selain melalui vaksinasi, pemerintah juga melakukan 3T (Testing, Tracing, Treatment) sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.