UNTUK INDONESIA
TPA Antang Kebakaran, Gowa Diserang Kabut Asap
Kebakaran yang menimpa TPA Antang Makassar menimbulkan kabut asap hingga masuk ke wilayah Kabupaten Gowa. Begini antisipasi Polres Gowa
Anggota Sat Sabhara Polres Gowa saat memberikan masker kepada pengendara motor.(Foto: Tagar/Afrilian Cahaya Putri)

Gowa - Kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang yang berlokasi di Makassar sejak Minggu 15 September lalu menimbulkan kabut asap hingga masuk ke wilayah Kabupaten Gowa.

Sebagai upaya antisipasi merebaknya Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA di masyarakat, Polres Gowa bergerak cepat terjun ke lapangan memberikan himbauan melalui mobil penerangan agar seluruh warga yang melintas atau beraktivitas menggunakan masker.

Sebanyak 200 lembar masker juga dibagikan kepada warga yang melintas dan langsung dipasangkan oleh anggota Sabhara Polres Gowa ke para pengendara sepeda motor roda dua.

"Benar pada hari ini kami membagi masker kepada masyarakat mengingat kondisi cuaca di kabupaten Gowa tidak bersahabat  akibat kabut asap yang diduga berasal dari lokasi tempat pembuangan akhir sampah yang berada di wilayah Antang Makassar," tutur Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan didampingi Kanit Turjawali Ipda Anwar, Selasa 17 September 2019.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Hasanuddin mengatakan, jika langkah pertama Pemerintah Daerah saat ini menghimbau kepada seluruh Puskesmas di kecamatan Somba Opu untuk membagikan masker kepada masyarakat yang datang berobat di Puskesmas.

"Selain itu petugas kesehatan jg stand by untuk mengantisipasi pasien seperti anak-anak, bayi yang menderita batuk dan sesak napas akibat kabut asap ini," kata Hasanuddin saat dikonfirmasi.

Hasanuddin juga menegaskan, jika sampai saat ini tidak ada laporan gangguan kesehatan akan asap ini. "Tapi kami akan tetap berjaga-jaga," pungkasnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Terlibat Politik Praktis, Lima ASN Gowa Kena Sanksi
KASN menjatuhkan sanksi kepada lima ASN Kabupaten Gowa karena terlibat politik praktik. Berikut nama ke lima ASN tersebut
Dua Bacabup Gowa Terlambat Serahkan Berkas di PDIP
Petahana Adnan Purichta Ichsan dan politisi Gerindra, Darwangsyah Muin terlambat mengembalikan berkas ke PDIP. Ini alasannya
Kakek di Gowa Aniaya Saudara Kandung Karena Sampah
Seorang Kakek asal Kabupaten Gowa tega menganiaya adik kandungnya sendiri hanya karena persoalan sepele.
0
UAS Mengundurkan Diri Sebagai PNS di UIN Suska Riau
UAS resmi mengundurkan diri sebagai PNS di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska), Pekanbaru, Riau.