UNTUK INDONESIA

Toyota Sukses Geser Dominasi Volkswagen di Pasar Mobil Dunia

Toyota untuk pertama kalinya dalam lima tahun, sukses menggeser dominasi Volkswagen untuk posisi teratas penjualan mobil secara global di 2020.
Ilustrasi Toyota. (Foto: Toyota of Clermont)

Jakarta - Toyota Motor Corp untuk pertama kalinya dalam lima tahun, sukses menggeser dominasi Volkswagen AG dari German untuk peringkat teratas penjualan mobil global di tahun 2020.

Perusahan tersebut mengklaim telah menjual lebih dari 9,5 juta unit secara global pada tahun lalu, angka tersebut termasuk yang dijual oleh pembuat kendaraan mini grupnya Daihatsu Motor Co dan produsen truk Hino Motors Ltd.

Secara keseluruhan ini menujukkan penurunan angka sebesar 11,3 persen dari tahun sebelumnya. Namun, dibandingkan dengan Volkswagen ini turun 15,2 persen dengan penjualan 9,31 juta. Raksasa otomotif Jepang ini tetap menujukkan eksistensinya di masa pandemi.

Penjualan tahunan global Toyota mencatat penurunan pertama dalam lima tahun lantaran pandemi yang berdampak pada ekonomi di seluruh dunia. Namun, Toyota bangkit di pasar utamanya di China dan Amerika Serikat.

Toyota mengalami penurunan tajam, pada kuartal April hingga Juni 2020, tetapi pulih kembali dan terus mengalami peningkatan selama tiga bulan berturut-turut dari Oktober.

Pejabat Toyota mengatakan bahwa strategi penjualan agresif perusahaan yang membuatnya meluncurkan serangkaian model baru mampu membuatnya tetap bertahan dibanding dengan produsen mobil lainnya.

Menurut Asosiasi Produsen Mobil Eropa, pabrikan otomotif Volkswagen (VW) memiliki jejak yang kuat di Uni Eropa. Namun, untuk pertama kalinya penjualan VW di masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan drastis, yakni 24 persen atau kurang dari 10 juta unit pada tahun 2020.

Toyota HighlanderToyota Highlander. (Foto: Tagar/Car and Driver)

Laman Japan Times melaporkan, pada 2019 Volkswagen telah melebihi penjualan Toyota di setiap tahun sejak 2015. Namun, VW diharapkan mengungguli Toyota kembali pada tahun ini.

Di sisi lain, Toyota memiliki kehadiran yang lebih besar di Amerika dengan penjualan mobil hanya turun 15 persen pada 2020 lalu. IHS Markit mengatakan bahwa Toyota akan terus maju setiap tahun hingga 2025.

Analis Kawano mengatakan Toyota akan terus menikmati penjualan yang kuat di pasar intinya, yaitu Jepang, dan Amerika Serikat.

Perusahaan juga akan mendorong lebih banyak mobil listrik dan SUV ke pasar mobil terbesar di dunia, China. []

(Christine Sheptiany)

Berita terkait
Perbedaan Utama Mobil Listrik Vs Mobil Bensin
Laman Dicover AGL melaporkan, ada sejumlah perbedaan utama pada mobil listrik dan bensin.
Pabrik Mobil Amerika Stop Produksi Mobil Bensin dan Diesel
Perusahaan pembuat kendaraan bermotor (mobil) GM Amerika tak lagi produksi mobil bertenaga bensin dan diesel akhir 2035
Mobil Buick Envision 2021, Hadir dengan 3 Tipe dan Harga Berbeda
Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Buick, bakal menghadirkan produk terbarunya, yakni Buick Envision 2021.
0
Toyota Sukses Geser Dominasi Volkswagen di Pasar Mobil Dunia
Toyota untuk pertama kalinya dalam lima tahun, sukses menggeser dominasi Volkswagen untuk posisi teratas penjualan mobil secara global di 2020.