UNTUK INDONESIA

Pabrik Mobil Amerika Stop Produksi Mobil Bensin dan Diesel

Perusahaan pembuat kendaraan bermotor (mobil) GM Amerika tak lagi produksi mobil bertenaga bensin dan diesel akhir 2035
CEO General Motors, Mary Barra (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta – General Motors Co. (GM), perusahaan pembuat kendaraan bermotor (mobil) terkenal di Amerika Serikat (AS) hari Kamis, 28 Januari 2021, mengatakan telah menetapkan target untuk menjual semua mobil barunya, termasuk SUV dan truk pick up ringan, dengan emisi knalpot nol selambat-lambatnya pada tahun 2035. Sasaran tersebut merupakan perubahan dramatis oleh produsen mobil terbesar Amerika itu dari mesin bensin dan diesel.

GM juga mengatakan rencananya untuk menjadi perusahaan nol karbon pada tahun 2040. Pengumuman ini disampaikan oleh GM setelah lebih dari seminggu setelah Presiden Joe Biden menjabat. Perusahaan itu berjanji untuk mengatasi emisi gas rumah kaca dan secara dramatis meningkatkan penjualan kendaraan listrik.

sedan listrik gmSedan listrik GM EV1 produk General Motors (Foto: en.wikipedia.org)

GM menjual 2,55 juta kendaraan di Amerika Serikat tahun lalu, hanya sekitar 20.000 di antaranya adalah EV (kendaraan listrik). GM mengatakan, pada November 2021 pihaknya menginvestasikan 27 miliar dolar AS untuk kendaraan listrik dan swakemudi untuk lima tahun ke depan, naik dari 20 miliar dolar AS yang direncanakan sebelum pandemi virus corona.

Chief Executive GM, Mary Barra, secara agresif mendorong produsen mobil itu secara internal untuk memusatkan perhatian ke kendaraan listrik dan beralih dari kendaraan bertenaga bensin. Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaannya telah bekerja sama dengan Environmental Defense Fund (EDF), sebuah kelompok advokasi lingkungan, untuk “mengembangkan visi bersama tentang masa depan yang serba listrik dan aspirasi untuk menghilangkan emisi knalpot dari kendaraan baru bermotor ringan selambatnya tahun 2035.” (lt/jm)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Perbedaan Utama Mobil Listrik Vs Mobil Bensin
Laman Dicover AGL melaporkan, ada sejumlah perbedaan utama pada mobil listrik dan bensin.
Tesla Luncurkan Mobil Listrik Murah Model Y, dengan Opsi 7 Seats
Tesla meluncurkan varian model Y dengan harga yang lebih murah dan menawarkan opsi tujuh penumpang alias 7 seats.
Erick Thohir Perintahkan PLN Produksi Baterai Mobil Listrik
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memerintahkan PLN untuk membuat baterai mobil listrik bekerjasama dengan Korea dan Cina.
0
Pabrik Mobil Amerika Stop Produksi Mobil Bensin dan Diesel
Perusahaan pembuat kendaraan bermotor (mobil) GM Amerika tak lagi produksi mobil bertenaga bensin dan diesel akhir 2035