Toyota Cetak Laba 10,3% di Masa Pandemi

Toyota mencatatkan kinerja cemerlang dengan membukukan penjualan 2,25 triliun yen, melebihi penjualan tahun sebelumnya 2,04 triliun yen.
Ilustrasi Kantor Toyota. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Produsen otomotif asal Jepang, Toyota mencatatkan penjualan sebesar 2,25 triliun yen atau US$20,6 miliar untuk tahun keuangan yang berakhir pada Maret 2021, melebihi penjualan tahun sebelumnya 2,04 triliun yen.

"Kinerja Toyota luar biasa bila dibandingkan dengan para kompetitornya. Toyota bisa mempertahankan produksi yang stabil dan merilis model tepat waktu di pasar utama," tutur Analis Otomotif di lembaga riset dan konsultan Tokyo, TIW, Satoru Takada, dikutip dari CNN Sabtu,14 Mei 2021. 

Meski penjualan menurun pada paruh pertama tahun karena dampak virus corona, tapi di pertengahan tahun setelahnya kami melihat kenaikan penjualan di banyak daerah.

Sementara laba bersihnya pada 2020 melonjak 10,3 persen meski dihantam oleh pandemi covid-19. Selain itu, Toyota juga mengumumkan proyeksi pertumbuhan meski mengalami krisis cip semikonduktor.

Kepala Divisi Keuangan Toyota, Kenta Kon mengatakan, meski pandemi menghantam permintaan otomotif lantaran orang-orang tidak banyak bepergian selama pandemi, namun perusahaan asal Jepang ini bangkit lebih cepat dari para pesaingnya. Selain itu, Toyota juga berhasil mengatasi kelangkaan cip yang memaksa saingannya untuk memangkas target produksi.

"Meski penjualan menurun pada paruh pertama tahun karena dampak virus corona, tapi di pertengahan tahun setelahnya kami melihat kenaikan penjualan di banyak daerah," ungkapnya.

Sementara untuk tahun buku yang berakhir pada Maret 2022, Toyota menargetkan dapat mencetak keuntungan bersih 2,4 persen lebih besar atau sebesar 2,3 triliun yen.

Sejatinya, pandemi telah memukul sektor otomotif global pada paruh pertama tahun lalu. tetapi, mulai pulih pada paruh kedua, terutama di Amerika Serikat dan Tiongkok. []

Berita terkait
Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Hybrid Mulai 2022
Toyota Motor Manufacturing Indonesia menjelaskan, produk hybrid produksi dalam negeri bukan hanya untuk konsumen lokal tetapi juga ekspor.
Toyota Recall Ribuan Avanza di Malaysia, Indonesia Menyusul
Toyota, merecall ribuan Avanza di malaysia lantaran masalah pompa bahan bakar. Indonesia segera menyusul.
Toyota Yaris Dinobatkan Sebagai Car of the Year 2021
Toyota Yaris generasi empat, dinobatkan sebagai Car of the Year 2021 melalui survei oleh sedikitnya 59 jurnalis dari 22 negara di Eropa.
0
Efek Lockdown Malaysia, Honda dan Toyota Tangguhkan Produksi
Honda dan Toyota menanguhkan produksi kendaraan mereka di Malaysia, setelah negara tersebut me-lockdown wilayahnya 2 Pekan akibat pandemi Covid-19.